Mukhlis Rahman, Ciptakan Kota Pariaman yang Tanggap Bencana

Pariaman, Editor.- Dengan adanya Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang ada di 71 Desa/Kelurahan di Kota Pariaman, mari kita ciptakan Kota Pariaman yang Tanggap, Tangkas, Tangguh dan Tawakal dalam menghadapi bencana.

Hal tersebut disampaikan WaliKota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada upacara penutupan kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Kelompok Siaga Bencana (KSB) tingkat Desa dan kelurahan se-Kota Pariaman tahun 2017, bertempat di Kantor BPBD Kota Pariaman, Santok, Kamis (28/12).

“Kita mesti siap dalam menghadapi bencana, walaupun kita tidak menginginkan hal tersebut, untuk itu, kita mesti menyiapkan segala sesuatunya, sehingga kita dapat maksimal dalam hal penanggulangan bencana yang ada di Kota Pariaman,” kata Mukhlis Rahman.

Mukhlis menjelaskan untuk daerah kita ada 10 bencana alam yang mengintai Kota Pariaman, namun 2 bencana yang bisa menimbulkan kerusakan yang signifikan, yaitu gempa dan tsunami, utnuk itu kita harus siap untuk itu.

Pada kesempatan tersebut Kepala Plh UPT BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Regional Sumatera, Yazid Fadhli mengatakan bahwa pembentukan KSB di seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di suatu daerah, sangat penting dan baik sekali, untuk itu ia mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh pemko pariaman.

“Mungkin hanya di Kota Pariaman yang mempunyai KSB di seluruh desa/kelurahan, untuk itu kami dari BNPB menyambut baik hal ini, yang berarti pemko pariaman menganggap serius pembentukan SDM dalam hal penanggulangan bencana di daerahnya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Pariaman Asrizal mengatakan, saat ini selain telah dibentuk 71 KSB di 71 Desa/Kelurahan, Kota Pariaman juga mempunyai 6 Desa Tangguh Bencana, yaitu Desa Naras I, Kampung Pondok, Sungai Rambai, Jalan Baru, Pasir Sunur dan Desa Kampung Jawa.

“Kami juga melatih dan membentuk KSBS (kelompok Siaga Bencana Sekolah) di 6 SMA, 7 SMK, dimana masing-masing sekolah dilatih 25 orang untuk manjadi KSBS ini, berarti telah ada 325 siswa yang kita latih sampai saat ini,” jelasnya.

Hadir juga dalam acara ini Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang Rahmat Triyono, Kabid Kedaruratan BPBD Provinsi Sumbar Rumainur, Kepala OPD, Pelatih dan petugas BPBD Kota Pariaman, para undangan dan para anggota KSB yang hadir. ** J/Hms/Sgr

803 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*