Muffidah Jusuf Kalla Resmikan Lintau Expo 2018

Pembukaan Lintau Expo oleh Mufidah Jusuf Kalla.
Pembukaan Lintau Expo oleh Mufidah Jusuf Kalla.

Lintau, Editor.- Lintau Expo 2018 yang merupakan suatu inovasi  anak nagari Lintau IX Koto yang digagas oleh Ikatan mahasiswa Lintau Padang dan Pemuda Nagari Lintau IX Koto yang pertama kali dilaksanakan ditingkat kecamatan,  dibuka secara resmi oleh Istri Wakil Presiden Republik Indonesia Muffidah Yusuf Kalla.

Pada kesempatan tu,  Muffidah Yusuf Kalla yang  kampung halamannya di nagari Lintau IX Koto, tepatnya di nagari Tanjuang Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara didampingi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat Nevi Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim yang juga putra Lintau,Waka Polda Sumatera barat Brigjen Damisnur, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Ketua Dekranas Tanah Datar Emy Irdinansyah, Mantan Wakil Mendikbud Fasli Jalal, Mantan Wali Kota Padang Syarul Ujud, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Fokorpinda Tanah Datar bertempat di lapangan  Gedung Controuler Lintau Buo, Kamis (12/4).

Lintau Expo 2018  mengemas  kegiatan berupa konsep budaya dan  pengembangan potensi  anak nagari Lintau IX Koto dengan menampilkan pameran, hiburan rakyat dan juga seminar yang dilaksanakan mulai tanggal 12 April s/d  13 April 2018. Dalam acara pembukaan tersebut Wakil Bupati Zuldafri Darma juga menyerahkan suatu lukisan kepada  Muffidah Yusuf Kalla.

Pembukaan Lintau Expo 2018 merupakan suatu rangkaian kegiatan kunjungan  Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla di Sumatera Barat selama 2 hari. Kunjungan pertamanya adalah ke nagari terindah di dunia yaitu  Nagari Tuo Pariangan, selanjutnya menuju rumah Gadang milik  Datuak Rajo Panghulu di Tanjuang Bonai dan juga merupakan rumah asal dari Muffidah Jusuf Kalla dan mengunjungi Mesjid Raya Tanjuang Bonai yang sedang  dalam tahap  pembangunan.

Sesusai pembukaan secara resmi Lintau Expo 2018 Muffidah Jusuf  Kalla melakukan peninjauan stand pameran. Namun sangat disayangkan tidak semua stand pameran yang dapat dikunjunginya karena keterbatasan waktu. Stand utama yang merupakan stand anak nagari Lintau IX Koto yang telah dipersiapkan jauh sebelumnya tidak dikunjungi dan hal ini membikin para penjaga stand sangat bersedih. Namun kesedihan tersebut terobati dengan kedatangan Wakil Bupati Zuldafri Darma  ke stand tersebut dan lama berbincang-bincang dengan masyarakat  pengunjung Lintau Expo. Adapun stand-stand yang ada di Lintau Expo 2018 ini adalah stand kerajinan ekonimi kreaktif, stand Akedemi Komunitas, Stand kuliner anak nagari Lintau IX Koto.

Ketua Pelaksana Lintau Expo Rivaldi yang didampingi oleh Pembinan Lintau Expo 2018 Hijrah Adi Syukrial  mengatakan, Lintau Expo ini baru pertama kali dilaksanakan dan ini adalah merupakan sebuah inovasi dari anak nagari Lintau IX Koto yang selalu bahu-membahu untuk menggali potensi-potensi yang ada di Nagari Lintau IX Kota.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan  ekonomi masyarkat nagari dengan meningkatnya ekonomi masyarakat nagari nagari  Lintau IX Koto. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibuk Muffidah Jusuf Kalla, putri terbaik Nagari Lintau IX Koto yang telah menyempatkan diri untuk membuka kegiatan Lintau Expo 2018 ini dan  kegiatan ini Insya Allah  akan dilaksanakan setiap tahunnya,” ujar Rizaldi.

Pada kesempatan tersebut Editor sempat berbincang-bincang dengan Tokoh Masyarakat Lintau IX Koto Fasli Jalal yang juga mantan Wakil Menteri Pendidikan diera Peresiden SBY yang ikut mendampingi kunjungan tersebut menyatakan, ”Saya sangat mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh  generasiu muda Nagari Lintau IX Koto yang telah mengexplorasi potensi-potensi yang ada dinagari Lintau IX Koto melalui acara Lintau Expo ini,kami yang ada di rantau mengharapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” harap Fasli Jalal.

Wakil Bupati Zuldafri Darma seusai melihat seluruh stand  yang ada  didampingi oleh ketua panitia dan  pembina Lintau Expo  di hadapan para wartawan dan pengunjung menyatakan, Pemkab  Tanah Datar sangat mengaparesiasi inovasi yang telah dilakukan oleh masyarakat Nagari Lintau IX Koto ini. Baik itu yang ada di kampung maupun yang ada di rantau dan juga berterimakasih kepada panitia, camat, para wali nagari yang ada di Lintau IX Koto ini dan juga masyarakat yang telah mengaakat acara ini.

Kegiatan ini sangat penting untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di nagari Lintau IX Koto dan  kegiatan ini kedepannya harus lebih baik dari hari ini dengan pengelolaan yang baik, harap Zuldafri Darma yang merupakan Sumando anak nagari Lintau IX Koto.

Usai Peresmian  Lintau Expo 2012 Muffidah Jusuf Kala  dan rombongan menuju Sekolah Songket yang terletak di nagari  Tigo Jangko yang direncakan  akan diresmikan pada bulan depan oleh Wakil Peresiden Republik Indonesia Yusuf Kalla.  Pada kompleks tersebut juga telah dibangun  Rumah Susun Sewa (Rusunawa) berlantai tiga yang direncanakan untuk tempat tinggal  para siswa Sekolah  Songket tersebut, juga dibangun galeri tempat hasil  karya para siswa Sekolah Keriya Tenun tersebut.

Usai mengunjungi Sekolah Krya Tenun di  Nagari Tigo Jangko Ibuk Muffidah Jusuf Kalla menuju Hotel Enersia Batusangkar untuk menginak dan Jumat (13/4) pagi akan mengunjungangi  perkebunan Serai Wangi di Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan dan seusai mengunjungi Kebun Serai Wangai tersebu Ibuk Muffidah Jusuf Kalla  akam mengunjungi Balai Penelitian Tamaman Rempah dan Obat di  Sukarami Solok. ** Jum

721 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*