MTQ Tingkat SD dan SMP di Air Camar

Padang, Editor.- Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat SD dan SMP  diadakan dilingkung RW 07 Air Camar, Kelurahan Parak Gadang TImur, Kecamatan Padang Timur, Minggu (29/5). Syi’ar Islam dan kegiatan keagamaan ini diikuti 20 orang  peserta dari perwakilan  5 RT yang ada di lingkup RW 07. Biaya penyelenggaraan didapat melalui swadaya masyarakat dan bantuan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Pembukaan MTQ tersebut dihadiri  Anggota DPRD Padang Helmi Moesim, Camat Padang Timur Ances Kurniawan, Lurah Parak Gadang Timur Edi Andri, LPM Defri Naldi, RW M.Asmi Ketua Panitia Edi Veri Agna, dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Edi Veri Agna menyampaikan terimakasih atas sokongan dari semua pihak yang terlibat dan mau membantu terselenggaranya acara MTQ ini. Tujuan dari MTQ, tidak lain  ingin mengajak anak – anak untuk cinta akan Al Qur’an dan melibatkan orangtua mendorong agar anak-anak mereka mencintai Al Qur’an.

Camat Padang Timur Ances Kurniawan dalam kesempatan itu juga sangat mengapresiasi sekali panitia yang telah memotori acara MTQ tingat SD dan SMP di Kelurahan Parak GadangTimur. Dengan kegiatan ini bisa memotivasi  masyarakat Kota Padang untuk membangun manusia yang lebih religious. Sesuai dengan program Pemko, menciptakan Padang yang religus.

“Alhamdulillah salah satu program pejuang subuh dari Kecamatan Padang Timur mendapat juara di Kota Padang,” ujar Mantan Camat Lubuk Begalung itu.

Ances menjelaskan,  Pemko Padang saat ini mengeluarkan kebijakan, bagi siswa-siswa yang hafal Al-Qur’an mendapatkan prioritas melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. “Siswa boleh memilih sekolah yang diinginkan untuk tingkat SD, SLTP dan SLTA, sementara untuk lulusan SLTA, beberapa perguruan tinggi juga sudah berkomitmen dengan Pemko untuk menerima siswa hafal Al-Qur’an tanpa tes, “katanya.

Dikatakan, bagi siswa yang hafal 1 juz, 3 juz dan 5 juz mendapat keistimewaaan untuk melanjutkan sekolah. Dicantohkan, siswa SD yang hafal 1 juz bisa memilih SMP Negeri mana saja, siswa SMP yang hafal tiga juz bisa memilih SMA atau SMK negeri mana saja di Kota Padang. Sedangkan siswa SMA atau SMK yang hafal 5 juz ada beberapa perguruan tinggi di Kota Padang yang telah berkomitmen menerimanya tanpa tes,” ujarnya

Menurutnya, tentu dengan kegiatan MTQ ini pengaruhnya sangat besar . Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menghasilkan bibit – bibit muda berbakat yang bisa hafal sekian Juz Al Qur’an dan nantinya juga bisa untuk mengikuti pertandingkan ke MTQ tingkat Kecamatan,”ujarnya.

Sementara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang, Helmi Moesim menyampaikan, dengan menanamkan Aqidah agama pada usia dini, dapat merubah prilaku seseorang dari hal yang negatif atau buruk sehingga jauh dan  terhindar dari maksiat, tawuran dan pergaulan bebas.

“Kami sangat apresiasi kegiatan MTQ yang diadakan oleh RT 02 RW 07 Kelurahan Parak Gadang Timur. Diharapkan dapat melahirkan bibit- bibit muda penghafal Al Qur’an. Dan ini merupakan bagian dari solusi terhadap persoalan perilaku masyarakat, terutama generasi muda  yang sudah jauh dari nilai-nilai agama ,” ujar Helmi Moesim yang juga Dewan Perwakilan dapil Padang Timur itu .

“Mari kita giatkan, kegiatan ini,sebagai anggota dewan saya selalu mendorong hal yang bersifat positif seperti MTQ ini. Hendaknya dari apa yang telah dilakukan panitia saat ini bisa menjadi pemicu dan motivasi bagi RT dan RW lainnya yang ada di Kecamatan Padang Timur. ” Makin banyak anak- anak kita yang pandai baca Al Qur’an serta dapat menghafal ayat Al Qur’an hingga beberapa juz, tentu sangat luar biasa,” tutup Helmi ** Arman

823 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*