MTQ Tingkat Nasional Ke-28 Akan Diselenggarakan di Sumatera Barat

MTQ Tingkat Nasional Ke-28 Akan Diselenggarakan di Sumatera Barat
MTQ Tingkat Nasional Ke-28 Akan Diselenggarakan di Sumatera Barat

Padang, Editor.- Masyarakat Sumatera Barat/Sumbar perlu berbangga hati dengan rencana penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an/MTQ tingkat Nasional yang ke 28 tahun 2020 akan berlangsung di Sumbar.

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Bina Mental/Bintal dan Kesra Setdaprop Sumbar H Syaifullah saat dijumpai Senin 30/12/2019 di ruang kerja.

Lanjutnya, kenapa demikian masyarakat Sumbar perlu bersenang hati rencana MTQ Nasional di Sumbar dari yang sebelumnya MTQ Nasional sekali 2 tahun terlaksana dari propinsi yang berbeda pulau.

“Melihat MTQ Nasional yang ke 27 tahun 2018 lalu berlangsung di Propinsi Sumatera Utara/Sumut”, jelasnya.  Sedangkan rencana MTQ Nasional yang ke 28 tahun 2020 nanti akan diberlangsungkan di Sumbar masih di pulau Sumatera.

“Kan, jarang jarang sekali bisa waktunya bergantian dengan propinsi tetangga dan satu pulau di pulau Sumtera”, ujarnya.

Biasanya tahun tahun yang lalu itu tetap berbeda pulau.

Menyangkut tentang kapan persisnya MTQ Nasional berlangsung di Sumbar Syaifullah menyebutkan, MTQ berlangsung dari tanggal 18 sampai dengan 28 Juli 2020.

MTQ diselenggarakan di 12 Venyu pada pembukaan MTQ di Stadion Main Sand Sikabau Kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan penutupan MTQ dilangsungkan di Masjid Raya Sumatera Barat Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang. “Dan, di Masjid Raya Sumatera Barat itu akan berjalan 2 cabang kegiatan yang berkaitan dengan MTQ Nasional”, katanya.

Selain itu Syaifullah lebih merincikan ke 12 venyu atau tempat penyelenggaraan dari masing masing cabang MTQ tahun 2020. Menurutnya, berdasarkan SK Kemendagri nomor 556 tahun 2018 tentang 12 tempat penyelenggaraan MTQ Nasional di Sumbar yang menggunakan gedung perguruan tinggi negeri dan lokasi perguruan tinggi swasta.

Termasuk sebagai tempat terselenggaranya MTQ Nasional itu juga diberlangsung di rumah ibadah di beberapa Masjid serta pula dibeberapa tempat digedung pertemuan dan difasilitas sarana gedung olahraga milik kampus perguruan tinggi negeri dan swasta atau juga di ouditorium beberapa kampus perguruan tinggi.

Disebutkan dari 12 venue itu antara lain di Masjid Raya Sumatera Barat, gedung Rohana Kudus dan di Masjid pinggir pantai Muaro Padang atau Masjid yang baru dibangun, itu.

Selain itu juga MTQ berlangsung di venyu di Masjid Nurul Iman Padang, ouditorium kampus Baiturahmah, Gor UNP dan di auditorium UNP. Seterusnya, di venyu UPI Sport Holl Exebition, dan UPI Convention Centre. Termasuk di venyu aula Mansur Basa UIN Iman Bonjol, gedung serba guna UIN Iman Bonjol, dan di venyu ouditorium Unand Padang.

Sehubungan dengan besaran anggaran yang akan dipergunakan untuk membiayai suksesnya MTQ Nasional diranah minang Sumbar.

Ulas Syaifullah, anggaran untuk MTQ tahun 2020 itu sudah ditetapkan.

“Namun, sekarang ini hari ada evaluasi dari Kemendagri dan belum tahu hasilnya”, tutup Syaifullah sambil menyebutkan bahwa ia Syaifullah belum dapat kabar tentang perubahan anggaran yang sedang dievaluasi oleh Kemendagri. Tetapi ia Syaifullah menyakini besaran anggaran untuk lancarnya MTQ kemungkinan ditambah. “Kemungkinan ditambah,  karena soal anggaran untuk biaya juri dan biaya hadiah 1, 2 dan 3 anggarannya dari pemerintah pusat terkait dengan MTQ Nasional 2020 di Sumbar”, jelasnya. **Obral Chaniago

1042 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*