Mita Kurnia Atlit Silat Pembawa Api Porpov

Tanah Datar,Editor,- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melepas pasukan kirab api obor Porprov Sumatera Barat ke XIV bertempat di Desa terindah didunia di Nagari Pariangan Luak Nan Tuo Tanah Datar.Atlit silat peraih medali PON Mitra Kurnia pembawa Obor Api Porprov XIV bersama atlit lainnya.

“Atlit atlit yang di bina dan bertanding di Porprov nanti merupakan andalan dari daerah masing- masing dikabupaten dan kota di Sumatera Barat, bagi atlit yang terbaik tentu menjadi perhatian daerah maupun provinsi, sehingga dapat pula menjadi andalan pada event nasional maupun internasional,” ucap Nasrul Abit ketika melepas pasukan api obor Porprov XIV di Nagari Pariangan Kamis, (17/11).

Pelepasan pasukan api obor Porprov dilakukan dengan upacara di saksikan masyarakat ninik mamak di hadiri Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmisi  dan Wakil Bupati , Walikota Padang Mahyeldi Ansarullah, Plt Walikota Payakumbuh Priadi Syukur yang juga sebagai Kadispora Provinsi Sumatera Barat.

Lebih lanjut disampaikan Wakil Gubernur kemaren kita baru saja melakukan pertandingan di Pekan Olah Raga Nasional dengan perolehan 14 Emas, 20 Perak dan 19 Perunggu. “ Ini perjuangan yang sangat luar biasa dalam mengapai keberhasilan di bidang olah raga,” terang Wagub.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur juga menyinggung tentang Nagari Pariangan yang merupakan Nagari atau desa yang terindah di dunia. Akhir-akhir ini pandangan wisman mancanegara tertuju kepada Luah Nan Tuo Nagari Pariangan.

Wakil Gubernur Nasrul Abit meminta pada Dinas Pekerjaan Umum untuk dapat membuat DED atau master plane, bagaimana jalan menuju kelokasi bagus, lebar, dengan fasilitas yang lengkap adanya WC, kamar mandi dan penginapan yang layak huni.

“ Bagaimana wisatawan bisa beristirahat dengan nyaman sehingga Ia betah berwisata sambil menikmati ke indahan alam nagari pariangan.” Ujar Wagub.

Pada keempatan itu Walikota Padang H.Mahyeldi Ansyarullah yang pada tahun ini Kota Padang menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov ke XIV mengatakan. Ia mengapresiasi dan menerima amanah pada pelaksanaan Porprov XIV yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 29 November 2016 mendatang.

Kota Padang dengan segala upaya akan menjadi tuan rumah yang baik dengan melibatkan semua unsur di daerah ini. Bahkan Walikota Padang juga memberikan apresiasi kepada masyarakat memilih 2 orang barang siapa yang terbaik melayani dalam pelaksanaan Porprov nanti.

“Dengan api Porprov dapat menyemangati atlit kita yang berlaga pada tanggal 19 November 2016, sehinga para pemuncak dapat pula bertanding pada event nasional,” terang Walikota.

Sebelum api Porprov diserahkan kepada pasukan kirab, walinagari Pariangan di dampingi Kerapatan Adat memberikan obor api Porprov ke Bupati Tanah Datar. Dan dilunjutkan diserahkan kepada Wakil Gubernur dan langsung diserahkan pada Walikota Padang.

Sementara, Bupati Tanah Datar Irdinansyah mengatakan sebagai tuan rumah pengambilan api Porprov mengatakan,  Porprov merupakan program 2 tahunan di Sumatera Barat.

“Dimanapun daerah pelaksanaan Porprov namun pengambilan api Porprov di lakukan di nagari Pariangan Tanah Datar ini merupakan kesepakatan sejak tahun 1990.” Jelas Irdinansyah.**Hms Sumbar

1686 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*