Minggu Siang, Supardi Buka Pameran Realita Sosial#Dimension Space di Taman Budaya Sumbar

Supardi saat membatik di pameran kedua.
Supardi saat membatik di pameran kedua.

Padang, Editor.- Untuk kedua kalinya Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi, dijadwalkan akan meresmikan pembukaan pameran Seni Rupa Realita Sosial #Dimension Space di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Sumatera Barat, Jalan Diponegoro 31, Minggu siang (4/10).

Kepastian kesediaan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi yang siap membuka pameran #Dimension Space itu disampaikan Kepala Taman Budaya Sumatera Barat, Muasri dan Kasi pemeran dan pertunjukkan Sexri Budiman yang dihubungi via telepon, Rabu sore (30/9).

Menurut Muasri, pada pameran ketiga dari tiga rangkaian pameran Realita Sosial #Dimension Space ini terdapat tiga puluh dua seniman seni rupa dengan jumlah 48 karya yang lolos seleksi kurator yang siap digelar di galeri Taman Budaya Sumatera Barat, Jalan Diponegoro 31 Padang sejak 4 sd 10 Oktober 2020 mendatang.

Dalam catatan panitia, diantara karya yang akan digelar pada pameran ketiga itu terdapat 36 lukisan, 1 seni patung, 6 sketsa hitam putih, 5 fotografi dan sejumlah seni kriya berupa seni batik Minang dari dua sanggar batik terkemuka di Sumatera Barat.

Yang menarik lagi pada pameran ke tiga pihak panita yang difaslitasi kurator bekerjasama dengan UPTD Tamjan Budaya  mengundang beberapa teman seniman seni rupa seperti Yusman dan Hendra Buana (Yogyakarta) dan Herwandi serta Rommi Roestam (Bengkulu) serta seniman paling senior saat ini di Sumatera Barat yakni Amir Syarif teman seangkatan dengan Amri yahya semasa di ASRI Yogyakarta dulu juga turut ambil bagian di kegiatan pameran ini, ujar Muasri menambahkan.

Mudah-mudahan pada pameran ketiga ini, sebagaimana harapan Gubernur dan Wakil Gubernur yang menghadiri pameran pertama “New Life 26 agustus sd 3 September 2020 lalu kalangan BUMN/BUMD di Sumbar serta semua OPD serta pengusaha yang ada dapat mengoleksi karya-karya terbaik yang di gelar dari tiga rangkaian pameran Realita Sosial yang dapat dijadikan aset berharga. Di sisi lain juga berarti BUMN/BUMD dan OPD serta para pengusaha di Sumatera Barat juga turut membantu teman-teman seniman yang juga terdampak covid. 19, ujar Muasri menambahkan.

Kurator pameran seni rupa “Realita Sosial” #Dimension Space, Muharyadi dan Yasrul Sami Batubara yang juga dihubungi via telepon, menyebutkan, di kegiatan pameran ketiga #Dimension Space ini, karya-karya yang tampil cukup menarik untuk disimak dan ditelusuri lebih baik dan lebih dalam baik dari aspek isi, konsep, serta makna karya yang diusung kepermukaan.

Saat ditanya kendala apa saja yang dialami panitia dan kurator saat mengusung tiga kegiatan pameran dalam waktu yang relatif singkat?

Menurut Muharyadi dan Yasrul Sami, secara kekaryaan mungkin tak banyak persoalan yang ditemui, hal mungkin diperbaiki adalah persoalan tenik pengirim data awal saat kurasi karya berlangsung, kadang ada peserta yang hanya mengirim foto karya tanpa penjelasan dan data karya yang lengkap. Semua cukup merepotkan pihak panitia. Kedepan hal serupa ini menjadi kajian kita bersama agar tak terulang lagi yang sedikit merepotkan panitia dan kurator dengan suatu harapan agar pameran terlaksana secara profesional, ujar Muharyadi dan Yasrul Sami menambahkan.  ** FR/Rel

 

216 Total Dibaca 6 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*