Meriahkan HUT Kab. Solok ke 104, Festival 4 Danau Digelar

Singkarak, Editor.-  Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Solok ke 104 Tahun 2017, Pemkab Solok menggelar berbagai kegiatan. Diantaranya Festival 4 Danau yang dibuka secara resmi oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM bertempat di Dermaga Danau Singkarak, Sabru (25/3).

Turut hadir pada pembukaaan tersebut Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, SH, Plt sekda Kab Solok Edisar, SH, M.Hum, Ketua TP PKK Kab Solok Ny. Desnadevi Gusmal, SH, Ketua GOW Kab Solok Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Manajer PTPN VI Unit Usaha Danau Kembar, Ereskayanto, SP, MM, Ketua PAT PKP UNAND Prof. Dr. Irfansuliansyah, Ketua ASITA Prov Sumbar Ian Hanafiah, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Prov. Sumbar Hj. Deviany, MM, Kepala Dinas Pariwisata Kab Solok Yandra, SE, M.Si, Unsur Forkopimda Kab Solok, dan seluruh Kepala OPD di lingkup pemerintah Kab Solok.

Dalam laporannya ketua pelaksana Yandra, SE, M.Si  menlelaskan, Festifal 4 Danau merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Kab Solok ke 104 tahun 2017. Festival ini diharapkan dapat menjadi salah satu momen dimana masyarakat turut merasakan dan memeriahkan HUT Kab Solok.

“Pelaksanaan festifal 4 danau juga merupakan salah satu upaya Pemkab Solok dalam melestarikan nila-nilai budaya lokal dan meningkatkan kunjungan wisata ke Kab Solok. Kegiatan ini juga merupakan Pra Festival 5 Danau (F5D) yang akan dilaksanakan oleh Provinsi Sumatera Barat. Kedepan diharapkan kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan pemerintah Kab Solok dan terjadwal pada kalender event pariwisata Provinsi maupun Nasional,” kaya Yandra.

Lebih lanjut dijelaskan, rangkaian Festifal 4 Danau menampilkan berbagai event, lomba, dan kegiatan lain diantaranya   lomba cipta logo pariwisata, lomba cipta jingle TdS dan lomba cipta Mars Kab Solok,   Pemilihan Uda Uni Duta wisata Kab Solok tahun 2017,  Lomba kesenian anak nagari seperti randai, indang dan pidato pasambahan adat,   Kontes lagu Minang, v  Lomba fotografi dan penulisan cerita rakyat,  Festifal kuliner dan souvenir,   Coffee both and clinic,   Off Road And Trail Adventure, Penanda tanganan MoU kerjasama di bidang pariwisata dengan berbagai stakeholder,   Launching dan pelantikan berbagai kegiatan  dan lembaga,   Penampilan hiburan rakyat dan pameran pembangunan yang diikuti oleh seluruh SKPD, kecamatan, instansi vertikal, BUMN dan BUMD serta masyarakat.

Rangkaian Festifal 4 Danau telah dimulai sejak tanggal 24 Februari sampai 31 Maret 2017, dimana untuk puncak acara dilaksanakan acara pembukaan pada tanggal 25 Maret 2017 dan penutupan pada tanggal 31 Maret 2017.

Bupati Solok H Gusmal, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kab Solok sangat komit terhadap percepatan pengembangan kepariwisataan daerah yang mensinergikan dengan nilai-nilai budaya lokal dan seluruh stakeholder terkait.

Festival 4 Danau merupakan pencerminan dari pengembangan kepariwisataan yang bersinergi dan berkelanjutan, serta merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kab Solok ke 104 Tahun 2017.

“Kegiatan ini diyakini akan dapat menjawab tantangan agar masyrakat dapat merasakan dan memeriahkan hari jadi Kab Solok yang selama ini hanya dirasakan segelintir orang saja,” kata  Gusmal.

Lebih lanjut dikatatakan, Festival 4 Danau diharapkan dapat menjadi momen dimana pariwisata sebagai sektor prioritas di Kab Solok dapat bersinergi dengan seluruh sektor dan stakeholder terkait, diharapkan dapat meningkatkan citra pariwisata Kab Solok yang selama ini tertidur lelap dengan segala potensinya.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya disampaikan kepada stakeholder yang sangat komit terhadap percepatan pengembangan kepariwisataan dan budaya local. Diantaranya PTPN VI, PAT-PKP, Unand, ASITA, BUMN/BUMD, kelompok-kelompok kesenian, para penggiat wisata dan budaya, tokoh masyarakat,” pungkas Gusmal.

Sementara itu Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Prov. Sumbar Hj. Deviany, MM dlam kata sambutannya mengatakan, pembangunan kepariwisataan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tapi juga akademisi, usaha kepariwisataan, media dan komunitas. Semuanya harus bersama-sama membangun pariwisata untuk mencapai misi dan tujuan serta target yang telah ditetapkan.

Solok sebagai salah satu kabupaten yang sarat dengan sumber daya pariwisatadan khasanah budaya memiliki peluang besar menjadi destinasi wisata unggulan dan favorit bagi wisatawan. Selain memiliki Danau Singkarak, Danau Kembar juga memiliki Danau Talang yang terletak di dekat puncak kawah gunung talang serta Danau Tuo yang terletak di Nagari Koto Sani Kecamatan X Koto Singkarak.

Penyelenggaran event merupakan bagian penting dalm pengembangan pariwisata, event seperti Festival 4 Danau ini dapat difungsikan menjadi etalase dari kepariwisataan kab Solok yang sangat luar biasa.

Namun sebuah event harus direncanakan dan dipromosikan sejak lama. Jadwal dan tempat event itu sudah ditetapkan, karena kepastian jadwal dan tempat kegiatan ini penting jangan sampai berubah tanggal ataupun bulan karena akan menjadi timeline nya para travellers

“Kami berharap event ini dapat terus digelar secara berkesinambungan disertai evaluasi untuk meningkatkan kualitas dan daya tariknya. Diharapkan penyelenggaran Festival 4 Danau ini akan melengkapi daya tarik kab Solok sebagai destinasi wisata, untuk selanjutnya bahu membahu dengan destinasi pariwisata lainnya di Sumatera Barat, meningkatkan daya saing sumbar di tataran pariwisata nasaional bahkan internasional,” kata  Deviany. ** Febrian D’Gumanti/Olga

996 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*