Menpora Berikan Kuliah Umum di UNP

Padang, Editor.- Di sela kesibukan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyempatkan diri menjadi penceramah kuliah umum dalam memperingati Dies Natalis Universitas Negeri Padang (UNP) ke 62, Kamis (22/9) siang di GOR UNP.

Disampaikan Rektor UNP Prof Ganefri didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof Syahrial Bachtiar Rabu (21/9) malam di Padang. Dikatakannya, Menpora akan menyampaikan ceramah di sekitar 3062 mahasiswa UNP dengan tema “Kebijaksanaan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam Meningkatkan Kapasitas Pemuda dan Kemajuan Bangsa”.

Serangkaian dengan kuliah umum tersebut, Menpora Imam Nahrawi dan Rektor Ganefri akan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) antara UNP dengan Kemenpora. Kesepahaman tersebut menyangkut kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta membina hubungan kelembagaan.

“Kita sangat berharap, MoU tersebut dapat mendukung percepatan pembangunan pendidikan di UNP menuju world class university” kata Ganefri pemimpin visioner yang diharapkan dapat membawa perguruan tinggi kependidikan tertua di luar pulau Jawa ini menjadi PTN terkemuka dengan kompetensi lulusannya yang teruji.

Pada kesempatan tersebut, Kemenpora bersama-sama dengan UNP akan memberikan penghargaan kepada 62 tokoh masyarakat yang telah berjasa dalam pengembangan , pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga di Sumatera Barat. Penghargaan tersebut langsung diserahkan Menpora.

“Prestasi olahraga yang dicapai atlet kita dalam mengharumkan nama nagari tak terlepas dari tangan-tangan dingin para pelatih, para pembina dan lainnya. Selama ini, kita melupakan tokoh di balik layar atas teraih sebuah prestasi. Saatnya kita apresiasi para tokoh yang telah berjasa di balik sukses prestasi olahraga kita. Semoga, prestasi olahraga anak nagari kita terpacu untuk lebih berprestasi di kancah nasional menuju prestasi mendunia. Begitu harapan kita,” ucap Ganefri. Seusai kuliah umum Menpora akan membuka Pertandingan Sepakbola Putri antar mahasiswa lingkungan UNP.

Dies Natalis 62 Penuh Rahmat

Wakil Rektor III Prof Syahrial Bachtiar menambahkan, peran pemuda dalam pembangunan bangsa sangat strategis. Pada saat kini, UNP sedang giat-giatnya kampanye kampus bebas narkoba. Dikatakan Syahrial, UNP memberikan sanksi sangat berat kepada mahasiswa terlibat narkoba karena akibatnya dapat membunuh masa depan generasi muda kita.

“Dies Natalis ke-62 ini adalah dies natalis yang penuh rahmat bagi UNP. Dalam rentang waktu sebulan ini, UNP sudah didatangi oleh 2 Menteri dan satu pejabat tinggi negara Ketua BPK RI Dr. Harry Azhar Azis, MA, Menteri Ristek dan Dikti M Nasir, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. Hari ini kita mendapat kunjungan dari Pak Imam Nahrawi yang akan memberi kuliah umum,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata Syahrial Bachtiar, dijadwalkan pada 8 Oktober depan, masih dalam peringatan Dies Natalis, UNP mengagendakan kuliah umum dengan Menteri Naker Hanif Dhakiri. Ia berharap, dengan hadirnya menteri dan pejabat tinggi negara, tak saja dapat membuka cakrawala para mahasiswa, tapi juga sekaligus akan menjadi motivasi dan menginspirasi mahasiswa untuk menjadi insan yang sukses.

“Kuliah umum adalah model yang sangat inspiratif. Semoga UNP terus melaju cita-cita zona World class univercity sehingga membangkit batang tarandam benar-benar terwujud dalam kenyataan dan pelaksanaan,” jelasnya. ** Agusmardi

 

1311 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*