Menkominfo Rudiantara, Pastikan Masa Depan Ekonomi Digital Indonesia

Jakarta,  Editor.- Saat ini di Indonesia terjadi percepatan ekonomi digital. Di tengah percepatan itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan, Kementerian Kominfo memastikan arah masa depan dan infrastruktur TIK untuk menopang perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

“Tugas saya memastikan masa depan ekonomi digital Indonesia dan infrastruktur TIK tersedia,” ungkapnya dalam Seminar Nasional bertema Masa Depan Pengembangan Fintech Indonesia, di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Menurut Menteri Kominfo saat ini terjadi perpindahan penggunaan jaringan telekomunikasi dari barang ke layanan. “Secara makro kita sudah berpindah dari goods ke services. Terjadi shifting, dimana saat ini anak muda lebih banyak makan di luar, belanja daring, jalan-jalan ke daerah dan membuat vlog. Inilah kondisi kekinian Indonesia,” katanya.

Ditambahkan Rudiantara, tanpa infrastruktur broadband mau bikin aplikasi atau fintech tidak bisa. “Pemerintah hitung potensi dari bisnis digital yang potensial. Digital ekonomi sendiri didefinisikan sebagai semua aktivitas yang proses bisnisnya berubah menjadi digital dan mempunyai nilai tambah. Ini yang akan mengubah ekonomi Indonesia,”

Berkaitan dengan Fintech, Menteri Rudiantara mengajak Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk duduk bersama jika terdapat masalah dalam implementasi di lapangan. Fintech sendiri dikatakan oleh Menkominfo sangat bagus bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan bentuknya bermacam-macam.

Menteri Kominfo memamparkan, Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (SPNBE) atau Roadmap e-Commerce, Menteri Rudiantara menyebutnya sebagai regulasi paling transparan.

Pada tahun 2030 nanti Indonesia akan menikmati puncak bonus demografi dimana jumlah penduduk usia produktif 2 (dua) kali lebih besar dari yang tidak produktif. “Untuk itu harus ada keberanian dari pemerintah untuk membuat keputusan dan memastikan masa depan ekonomi digital Indonesia bagi generasi mendatang,” pungkas Rudiantara. ** Wisja

435 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*