Menko PMK Puan Maharani Kunjungi Huntap Mentawai




Sikakap, Editor.- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  (PMK) Puan Maharani mengunjungi lokasi Hunian Tetap (Huntap) di Desa Bulasat Kecamatan Pagai Selatan.

Pada kunjungan tersebut Puan didampingi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa Menteru Kesehatan Nila Moeloek dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Pada kesempatan tersebut Puan mengatakan, kunjungannya ini bukan hanya sebatas bertemu dengan masyarakat Mentawai saja, tapi sangat berharap sekali setelah kehadirannya ini dapat Pemkab bisa mengimplementasikannya melalui program pembangunan sesuai harapan rakyat dan merupakan tugas berat yang harus dilakukan oleh bupati.

Bupati sebagai Kepala Daerah yang setiap harinya selalu bersama rakyat. Persoalannya adalah bagaimana pemerintah pusat dapat segera menyelesaikan masalah- masalah yang terjadi di daerah. Satu persatu dan perlahan, yang penting adalah melakukannya secara bergotong royong.

Meskipun kehadiran Huntap di Mentawai saat ini baru diterima oleh masyarakat sepotong- sepotong, namun Puan berharap apa yang diberikan oleh Pemerintah pusat betul- betul dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Diharapkan pada masa mendatang Mentawai ini bisa terbangun secara keseluruhan sehingga kesejahteraan rakyatnya bisa terbangun secara merata.

Puan prihatin melihat kondisi anak- anak Mentawai, ketika diperhatikan mata mereka tak nampak bersinar seperti tidak punya harapan. Dari itu perlu perhatian khusus karena mereka merupakan bibit- bibit  pemimpin Mentawai yang kelak jadi generasi penerus dan siapa tahu pada 20 tahun kedepan mereka ada yang menjadi menteri atau gubernur.

Dalam kunjungan itu Puan juga menyerahkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dari BNPB 409 set untuk murid SD, kitab suci Alqur’ an dan Alkitab, 1 unit motor TRC, 1 Unit mobil tanki untuk Dinas Sosial serta bantuan program keluarga harapan untuk 1.589 keluarga sangat miskin dengan total jumlah Rp 3,9 M.

Sementara itu Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengatakan, Huntap berjumlah 2.072 unit yang tersebar di empat kecamatan dimana saat ini sudah 96% selesai. Selain itu Pemkab sedang mempersiapkan lingkungan yang bersih, penerangan listrik dan memperhatikan kehidupan masyarakat disekitarnya. Semenetara itu program Trans Mentawai terus berlanjut dan saat ini sedang dibangun jalan di desa Bulasat namun belum bisa dicor karena ada beberapa hal yang harus dipenuhi.

Menurut Yudas bantuan yang sudah diberikan oleh Dinas Sosial dan bantuan perumahan khusus dari Kementrian PU-PERA 385 unit itu belum cukup. Mentawai masih.membutuhkan perumahan di wilayah 3 T untuk PNS, TNI dan Polri. ** Daniwarti

541 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*