Menkes Akan Luncurkan GERMAS di Padang Pariaman

Padang Pariaman, Editor.- “Menurut rencana, tanggal 12 November 2016, ibu Menteri Kesehatan Nila F Moeleok dijadwalkan akan melaunching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat secara nasional di Kabupaten Padang Pariaman,” kata Bupati Ali Mukhni ketika memimpin rapat persiapan acara tersebut.

Hadir lengkap dalam rapat tersebut Sekda Jonpriadi, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Padang Pariaman dan pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Ali Mukhni, Kemenkes menetapkan launching GERMAS di Padang Pariaman karena menilai Padang Pariaman sukses menjalankan program peningkatan kesehatan masyarakat dengan berbagai program terutama Program Padang Pariaman Sehat.

“Ibu Menkes terkesan dengan program kesehatan yang telah kita lakukan,” jelas Ali Mukhni di depan peserta rapat.

sari-aterLebih jauh, Ali Mukhni mengatakan bahwa program program kesehatan yang dilakukan di Padang Pariaman sejalan dengan Program GERMAS.

GERMAS sendiri merupakan program kesehatan dari Kemenkes yang merupakan gerakan untuk mendorong masyarakat untuk berprilaku hidup sehat.

Kemenkes melalui Ditjen Kesehatan Masyarakat seperti yang dilansir di laman web Kemenkes mengindikasikan, adanya fenomena pola hidup tidak sehat di kalangan masyarakat. Berdasarkan data Riskesdas 2007 & Riskesdas 2013, di mana ada sejumlah faktor risiko perilaku kesehatan yang terjadi, yakni penduduk kurang aktivitas fisik (26,1%); perilaku merokok penduduk sejak usia dini (36,3%); penduduk >10 tahun kurang konsumsi buah dan sayur (93,5%); penduduk >10 th minum minuman beralkohol (4,6%).

Rapat akhirnya menyepakati Launching GERMAS oleh Menkes RI di Padang Pariaman akan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2016 di lapangan sepak bola Nagari Sungai Abang Lubuk Alung.**  Fifi/Hma/Sgr

1688 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*