Menjelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Lubuk Basung Masih Stabil

Lubuk Basung, Editor.-  Menjelang akhir tahun harga sembako di Pasar Inpres Padang Baru dan beberapa pasar di sekitar Kec lubuk Basung Agam terpantau stabil. Hari Kamis (23/11) dari pantauan dan bincang bincang Editor bersama pedagang dan pembeli, bisa disimpulkan harga sembako tidak mengalami perubahan dari minggu sebelumya.

Harga cabe merah Rp 45.000,-,  harga ayam potong /broiler 45000,- per ekor sementara telur ayam ras 40000/kg. Kalau perbutir Rp 1500, kata Ema salah seorang ibu rumah tangga yang sedang belanja dipasar Padang baru

Sementara itu Jum, salah seorang pedagang sayuran mengatakan, walau stok mencukupi namun penjualan agak menurun karena lemahnya minat beli masyarakat. Ditanya tentang ketersediaan cabe merah, dia mengatakan, sampai saat ini masih tidak ada masalah.

Ketika ditemui Editor, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kab Agam melalui sekretarisnya, Adrinal, menyampaikan, untuk daerah Kab. Agam seluruh harga sembako masih stabil dan belum ada perubahan. Informasi tersebut didapat dari pantauan petugas di lapangan, Selama ini yang sering terjadi kelangkaan hanyalah ketersediaan tabung gas 3 kg.

Menurutnya kelangkaan terjadi karena beberapa hal. Diantaranya karena ketepatgunaanya ,tabung gas 3 kg sejatinya untuk masyarakat menengah kebawah.  Tapi masyarakat yang ekonomi mapanpun ikut menggunakannya. Sementara waktu pendataan dulu yang didata adalah masyarakat pengguna minyak tanah, yang dikonversi ke gas.Penyebab lainya, adanya pangkalan yang menjual keluar daerah peruntukan. Untuk masalah ini pihaknya telah melakukan himbauan dan diantaranya ada yang diberi peringatan.

Mengenai harga, lebih lanjut dijelaskannya,  untuk sembako menjelang akhir tahun belum nampak pergerakan kenaikan harga.menurut pemantauan dilapangan. Ketersediaan sembako masih dikategorikan aman sebagaimanatahun sebelumnya.

“Walaupun akhir tahun biasanya tidak berpengaruh,” kata Adrinal. ** Yanto

582 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*