Mayoritas Siswa di Payakumbuh, Numpang Ikuti UNBK ke Sekolah Lain

Kadisdikbud Payakumbuh Drs.A.H.Agustion sedang memberikan sambutan pada suatu acara dilingkungan kantornya.
Kadisdikbud Payakumbuh Drs.A.H.Agustion sedang memberikan sambutan pada suatu acara dilingkungan kantornya.

Payakumbuh, Editor.- Pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) antara SMA /MA dengan SMP/MTsN yang ada di Payakumbuh tidak berbeda. Sejumlah SMA/MA dan SMP / MTsN masih menumpang ke sekolah yang telah mempunyai sarana komputer lengkap agar bisa mengikuti UNBK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Payakumbuh Drs A. H. Agustion yang dikomfirmasi media ini kemaren di kantornya mengakui hal tersebut. Sejumlah SMA yang telah mulai UNBK, Senin (9/4)  mmang masih menumpang, Seperti SMA3 Payakumbuh bergabung atau menumpang ke SMKN 3 Payakumbuh, SMAN 4 Payakumbuh bergabung atau menumpang ke SMAN 2 Payakumbuh dan SMAN5 menumpang ke SMKN 1 Payakumbuh.

Artinya, dari 5 SMA Negeri yang ada di Payakumbuh, baru SMAN 1 Payakumbuh dan SMAN 2 Payakumbuh yang telah mempunyai sarana komputer yang lengkap untuk pelaksanaan UNBK. Sementara untuk tingkat SMP/MTsN baru SMPN 1 sampai SMPN 5 yang telah mempunyai sarana komputer yang lengkap untuk pelaksanaaan UNBK tersebut, jelas Agustion.

Menurut Agustion, tahun ini UN tingkat SMP/MTsN dilaksanakan berbasis computer. Bagi sekolah yang belum mempunyai sarana komputer lengkap terpaksa bergabung ke sekolah yang lengkap komputernya.

Ada 5 SMP dan 1 MTs yang harus bergabung atau menumpang melaksanakan UNBK ke sekolah lain yakni SMP Negeri 6 bergabung ke SMKN 1, SMPN 7 bergabung ke SMKN 2,SMP 9 dan SMPN 10 bergabung ke SMAN 2 Payakumbuh, Sedangkan MTsN 1 Payakumbuh bergabung ke MAN 2 Payakumbuh. Semua SMP dan MTs melaksanakan UNBK kecuali  SMPLB.

Tahun 2019 mendatang seluruh SMP dan MTs sudah dapat melaksanakan UNBK sendiri di sekolah masing-masing, karena tahun sekarang sekolah  yang belum lengkap komputernya sedang berupaya melengkapi komputer untuk UNBK tersebut, jelas Agustion.

Menjawab pertanyaan tentang jumlah peserta UNBK tingkat SMP/ MTs tahun 2018 ini,  menurut Kadis Pendidikan Payakumbuh itu, berjumlah 3.278 orang dan 2.816 orang peserta UN SD, ujarnya.

Bila dilihat perbandingan jumlah peserta UN SD dengan peserta UN SMP/MTs,  tidak akan terjadi ledakan siswa tahun ajaran 2018/2019 mendatang, karena jumlah yang tamat SMP/MTs lebih banyak dari yang akan tamat SD, ungkap Agustion ketika ditanya. ** Yus

776 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*