Masyarakat Nagari Koto Tangah Lamo  Berharap Pemekaran Nagari Segera Terlaksana

Nagari Persiapan Koto Tangah Lamo.
Nagari Persiapan Koto Tangah Lamo.

Agam, Editor.- Masyarakat nagari Koto Tangah Lamo seakan berlomba dan bersemangat serta mengharapkan rencana pemekaran Nagari Koto tangah kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, segera tuntas.

Salah seorang tokoh setempat, Herryz, mengatakan,”masyarakat nagari Koto Tangah Lamo saat ini telah mempersiapkan lokasi tempat dibangunnya kantor wali nagari dan insyaallah dalam waktu dekat akan di adakan Musyawarah Nagari (Musna) guna pembahasan tanah yang telah dihibahkan untuk Kantor Wali nagari Koto Tangah Lamo.

Adapun kelengkapan isi kantor, seperti komputer, lemari dan keperluan lainya telah di persiapkan, dan itu semua hasil dari swadaya masyarakat Koto Tangah Lamo.

“Begitulah harapnya masyarakat atas rencana pemekaran nagari ini,” papar Herryz

Sementara Camat Tilatang Kamang Kab. Agam, Ade Harlien yang di konfirmasi via selulernya, Minggu (9/8) menjelaskan, erkait persiapan pemekaran satu nagari menjadi lima kenagarian mengatakan, ” Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Tilatang Kamang memberi apresiasi terhadap Panitia Pemekaran Nagari Koto Tangah Lamo  bersama Walinagari Persiapan Koto Tangah Lamo beserta  perangkat nagari yang  bergandengan tangan untuk mewujudkan Nagari Defenitf. Adapun tahapan  untuk menjadi nagari defenitif  telah dijalani dengan progres yang sangat signifikan, baik itu secara faktual maupun data. Hal ini dibuktikan dengan telah diberikannya laporan semester 1  kepada Bupati Agam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari.”

Harapan kami selaku pemerintah Kecamatan Tilatang Kamang, dengan telah dipenuhi segala persyaratan untuk menjadi nagari defenitif, mudah mudahan bisa mempercepat nagari Koto Tangah Lamo menjadi defenitif sesuai dengan yang direncanakan dan diharapkan masyarakat nagari persiapan tersebut, tambahnya.

Di sisi lain, terkait Persiapan kegiatan Upacara Kemerdekaan yang tengah dilakukan secara bergotong Royong oleh masyarakat Nagari koto tangah lamo,  Ade Harlien menyebutkan, “Perayaan Hari Kemerdekaan pada tahun ini kita akan mengacu pada SOP yang telah di tetapkan Pusat dan Kabupaten Agam dengan Standar SOP Covid-19.”

Adapun berbagai persiapan yang di lakukan masyarakat nagari Koto tangah lamo dalam Perayaan Kemerdekaan pada tahun ini, di nilai tidak semeriah tahun- tahun sebelumnya, pasalnya wabah Covid-19 masih menghantui kesehatan masyarakat,.

Namun bagi salah satu nagari persiapan di Kabupaten Agam tetap menghiasi kenagariannya dengan warna merah putih.

Allhamdulillah. Meskipun kita masih dalam suasana New Normal  dari wabah Covid-19, tapi masyarakat nagari Koto tangah lamo  yang saat ini menjadi nagari persiapan, kami tetap semangat dan penuh kekompakan untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 75 Tahun, dengan menghiasi dan mendekorasi sisi jalan dengan berbagai hiasan berwarna merah putih dan membangun taman bunga di beberapa sisi halaman rumah warga, jelas Nelmayetti, selaku Pjs Wali Nagari persiapan itu.

Kepada wartawan Nelmayetti juga menyampaikan kalau nagari Koto Tangah Lamo telah siap untuk menjadi nagari definitif.

Kegiatan Gotong royong untuk mempersiapkan upacara kemerdekaan ini, selain warga dan lima wali jorong, juga di hadiri Panitia Pemekaran nagari, bersama sejumlah perangkat nagari dan ibu-ibu warga setempat tampak fokus menghiasi nagarinya yang di informasikan rampung pada November tahun ini. ** Jasman/Heryz

153 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*