Masyarakat Nagari Duku Kembali Bangun Jembatan Secara Swadaya

Goro membangun jembatan di BukitSikabr, Tarusan, Pessel.
Goro membangun jembatan di BukitSikabr, Tarusan, Pessel.

Tarusan, Editor.- Dengan telah selesai dibangun jembatan antara Bukit Sikabu dan Asam Panjang di Nagari Duku Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan dana aspirasi masyarakat, sekarang masyarakat sudah bisa menggunakan sepeda motor untuk pergi ke kebun mereka.

Masyarakat tidak lagi berjalan kaki ke kebun,  bahkan hasil kebun sudah bisa diangkut dengan menggunakan sepeda motor. Dengan telah selesainya jembatan itu masyarakat sudah sedikit terbantu dalam akses transportasi biasa masyarakat pergi kekebun memakan waktu 2 jam perjalanan dengan berjalan kaki sekarang sudah dapat ditempuh dengan sepeda motor memakan waktu setengah jam perjalanan, ini sudah memudahkan masyarakat dalam akses transportasi.

Sekarang untuk saat ini masih ada jembatan akan dikerjakan dengan swadaya masyarakat dan bergotong royong. Jembatan ini masih terletak di tempat yang sama, yaitu di Bukit Sikabu. Untuk itu, masyarakat kembali menggalang dana untuk pembuatan jembatan kembali. Saat ini bantuan yang terkumpul dari masyarakat sekitar 20 sak semen, untuk pasir dan batu masyarakat mengambil sendiri ke sungai.

Pembangunannya dikerjakan dengan bergotong royong. Setelah selesai pembuatan pondasi jembatan pada satu sisi, minggu depan akan dikerjakan pondasi yang sebelahya lagi.

Dikonfirmasi kepada Darwin bersama Izul dan masyarakat saat bekerja di lokasi (12/01/2020) mengatakan, jembatan yang dulu kita buat bersama masyarakat dengan menggunakan dana swadaya sudah selesai kita kerjakan dan sudah bisa dilalui kendaraan. Untuk jembatan yang satu ini kita kembali menggalan dana. Alhamdulillah sudah terkumpul dan masyarakat yang lain mau berpartisifasi dalam bergotong royong,. “Ini demi kemajuan kita bersama dan hasilnya kita juga yang akan menikmatinya nanti, seperti jembatan yang telah selesai kita kerjakan dan siapa yang menikmati yaitunya masyarakat kita sendiri juga,” ungkap Darwin. ** Roni Citra

289 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*