Masyarakat Manggopoh Gempar, Buaya Besar Muncul di Batang Antokan

Lubuk Basung, Editor.-  Masyarakat di jorong Sago, Nagari Manggopoh Kec Lubuk Basung Agam, Sumbar dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya besar yang panjangnya lebih kurang sekitar 6 m, Rabu (22/11).

Buaya itu pertama kali terlihat oleh masyarakat pada hari Minggu di sungai Batang Antokan saat sedang menepi ke tepian sungai. Menurut masyarakat, dengan kemunculan buaya di aliran Batang Antokan sangatlah mengkhawartirkan,karena di sungai tersebut sehari-hari banyak masyarakat beraktivitas. Selain sungai sebagai tempat mandi dan mencuci, sebagian masyarakat juga  penambangan pasir.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Wahyu Bestari menambahkan, pihaknya telah meninjau lokasi tempat buaya itu dan melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam. Pihaknya mengimbau warga untuk tidak melakukan aktifitas di sepanjang sungai agar tidak diserang buaya itu.

Editor yang coba konfirmasi ke  kepala BKSDA resort Agam Syahrial Tanjung yang didampingi anggota Syafril Suharto, membenarkan kejadian itu.

Menurut dia kemunculan buaya di sungai itu masih habitat dari buaya muara. Sungai Batang Antokan bermuara ke Batang Masang, tempat hidupnya buaya muara.

Untuk mencegah jatuhnya korban, pihak BKSDA akan melakukan sosialisasi kemasyarakat untuk berhati hati dan tidak beraktifitas disungai tersebut untuk sementara. Selain itu juga memasang papan peringatan.

“Pemindahan buaya ke lokasi lain, nanti berbenturan dengan UU no 5 th 90 tentang konservasi sumber daya alam dan hayati,” jelas Syahrial Tanjung. ** Yanto

 

1093 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*