Masyarakat Desa Kumbayau Pertanyakan Aliran Dana Bum-Des

Sawahlunto, Editor.- Aliran dana Bum-Des di Desa Kumbayau Kota Sawahlunto menjadi pertanyaan masayarakat. Pasalnya hingga saat ini belum ada kejelasan dari proses aliran dana Desa untuk program Bum-Des yang mengalir sesuai dengan yang direncanakan.

Dari keterangan salah satu tokoh masyarakat Kumbayau yang enggan disebutkan namanya, Selasa (14/01/20) menjelaskan, awalnya untuk Desa Kumbayau telah dikucurkan bantuan dana desa sebesar Rp450 juta.. Dana tersebut menurut rencana akan digunakan untuk ekspor tempurung keluar negeri, anyaman sandal ddan tambak ikan lele, Namun pada kenyataannya seliruh program yang direncanakan tersebut tidak terlaksana.

“Sampai saat ini belum ada rencana program tersebut yang telah terlaksana,” ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, tambahnya, pihak Bum-Des meminta kembali kepada desa untuk menambah dana Bum-Des sebesar Rp100 juta, namun karena tidak ada kejelasan dari dana yang telah dikucurkan untuk yang pertama, Badan Permusyawarat Masyarakat (BPM) Desa Kumbayau tidak memberikan acc terhadap hal tersebut.

“BPD Desa Kumbayau tidak menyetujui hal tersebut, sebab belum diterimanya laporan dari kepala desa tentang laporan keuangan yang dipergunakan .” Jelasnya.

Menurut aturan, Kepala Desa yang memberikan Dana untuk pelaksanaan program Bum-Des harus melaporkan laporan keuangan kepada BPD sebanyak dua kali dalam setahun, sedangkan dari tahun 2017 sampai saat ini BPD Desa Kumbayau belum pernah menerima laporan tersebut.

Bahkan, lanjutnya, masyarakat Desa Kumbayau juga diajak berinvestasi ke Bum-Des dengan janjinkan diberikan bunga dari jumlah nilai yang dinvestasikan, “ masyarakat juga diajak berinvestasi oleh pihak Bum-Des dengan janjinakan diberikan bunga dari investasinya tesebut.” Katanya.

Ia menambahkan, seluruh dana investasi tersebut, sesuai laporan Bum-Des kepada masyarakat dana investasi tersebut telah terpakai untuk pembayaran gaji karyawan Bum-Des. Sedangkan dalam aturanya,” Dalam hal investasi ini banyak masyarakat kumbayau merasa dirugikan dan mempertanyakan bagaimana dengan kelanjutan investasi yangbtelah mereka berikan.” Tambahnya. ** Leo/Dinno 

542 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*