Masjid Raya Punguang Kasiak Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Terkumpul Infak Rp 14 Juta

Pungguang Kasiak, Editor – Dari acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Raya Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung Padang Pariaman, Selasa dan Rabu (20-21/11) lalu, terkumpul infak bersih Rp 14 juta.

Hal tersebut disampaikan Pjs Ketua Masjid Raya Nagari Pungguang Kasiak Metek Yal di hadapan mamak adat, mamak syarak dan pemuka masyarakat Nagari Pungguang Kasiak usai shalat Jumat (23/11) di masjid tersebut.

“Iinfak bersih itu berasal dari infak kotor sebesar Rp 25 juta lebih,” kata Metek Yal.

Setelah dimusyawarahkan, infak bersih itu sepakat untuk membayar hutang pembangunan masjid Rp 9 juta. Sisanya, setelah dikeluarkan biaya  tak tersangka lainnya, disepakati untuk mengganti kedua anjung (muka dan belakang) Balairung Adat Nagari Pungguang Kasiak yang telah kropos dimakan usia. Apabila dananya kurang, dipinjam lagi uang kepada warga yang mampu, bukan berhutang kepada pemilik toko bahan bangunan.

Metek Yal pada kesempatan itu juga mengungkapkan adanya wacana untuk memperbaiki silaturahmi mamak syarak Nagari Pungguang Kasiak sehingga bersatu kembali, tidak terpecah-belah berdasarkan suku dan korong.

Bila Madi, salah seorang dari mamak syarak Nagari Pungguang Kasiak, membenarkan wacana itu memang ada. “Silaturahmi itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” tutur Bila Madi.

Timbul pertanyaan, siapa pengundang sehingga terlaksana silaturahmi. Rafendi, pemuka masyarakat Nagari Pungguang Kasiak mengusulkan yang mengundang adalah Wali Nagari Pungguang Kasiak. Di samping perpanjangan tangan Bupati Padang Pariaman dalam urusan pemerintahan dan pembangunan, tugas pokok dan fungsi Wali Nagari termasuk urusan kemasyarakatan. Peserta musyawarah sepakat tetapi siapa yang akan menyampaikannya kepada Wali Nagari,

“Wali niagari kita kan baru. Jadi, jam terbangnya dalam urusan kemasyarakatan ini masih rendah,” ujar Metek Yal yang ditanggapi Rafendi dengan menyatakan bersedia menyampaikannnya kepada Wali Nagari Pungguang Kasiak, Dodi Marten.

Khairul Amri, tokoh pemuda Nagari Pungguang Kasiak yang bersedia meminjamkan uangnya untuk pembangunan Masjid Raya Nagari Pungguang Kasiak, usai pertemuan mengatakan, dibandingkan peringatan Maulid Nabi Muhammad beberapa tahun lalu, infak tahun ini naik lebih dari 100%. Tahun 2017 lalu, infak bersih hanya Rp 6 juta.

Jauh meningkatnya infak ini, kata Ajo Uddin, Tuo Korong Kelok, usai musyawarah, karena rasa memiliki masjid masyarakat semakin meningkat sejak dilakukannya kaderisasi kepengurusan Masjid Raya Pungguang Kasiak. ** Rafendi

434 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*