Masalah Tukar Guling Pemkab dan Pemko Solok, Telah Bak Benang Kusut Masai

Arosuka, Editor.- Masalah tukar guling antara Pemkab dan Kota Solok, yang berakibat tidak kunjung terjadinya serah terima Gedung Sidang Utama DPRD Kab. Solok yang dibangun Pemko Solok sebagai pengganti beberapa aset Kab. Solok di Kota Solok dan kini jadi perbincangan hangat masyarakat, memang telah bak benang kusut masai. Butuh perhatian serius kedua pemerintah daerah terkait dan Pemprov. Sumbar untuk mengurai dan menyelesaikannya.

Sebagaimana diberitakan www.portalberitaeditor.com sebelumnya (Baca: Menyolal Tukar Guling Pemkab dan Kota Solok, Gedung itu sudah Jadi Rumah Hantu – dan – Mendagri Instruksikan Pemprov Sumbar Meproses Kasus Tukar Gulung Pemkab dan Kota Solok),  masalah tersebut sampai kini memang tergenang tak hanyut.

Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar yang berusaha ditemui untuk memperoleh informasi lebih jelas mengenai masalah ini, sesuai dengan yang dijanjikannya bisa bertemu selepas shalat Jum’at kemarin, lewat telepon selulernya mengatakan masih sangat sibuk.

Setelah dikoordinasikan kepada Kepala Biro  Humas Pemprov Sumbar, Jasman, sesua arahan Sekdaprov Ali Asmar kepdanya, wartawan www.portalberitaeditor.com,  diminta menghubungi Novrial, mantan Kepela Aset Pemprov Sumbar yang kini menjabat Kepala Dinas Catatan Sipil Pemprov Sumbar karena dialah dari pihak Pemprov Sumbar yang menangani dan mengetahui lebih banyak tentang masalah tukar guling Pemkab dan Kota Solok tersebut.

Novrial baru bisa dihubungi lewat telepon selulernya siang tadi (Sabtu, 26/8) dan menjelaskan, beberapa upaya penyelesaian telah dilakukan Pemprov Sumbar. Diantaranya dengan mengadakan pertemuan antara Pemerintah Kota dan Kabupaten Solok di Jakarta di Jakarta tahun 2016 silam. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Pemko dan Pemkab Solok serta Sekdaprov Sumbar Ali Asmar.

“Pertemuan itu dilaksanakan sesuai dengan arahan Dirjen Keuangan Kementerian Dalam Negeri yang meminta Pemprov Sumbar menyelesaikan masalah tukar duling tersebut,” kata Novrial.

Lebih lanjut dijelaskannya, tidak titik temu dan kesepatakan yang didapatkan dalam pertemuan tersebut. Dari itu pihak Pemrov Sumbar memberi mmerekomendasikan dan memberi saran agar kedua kepala daerah membuat kesepakatan baru, agar Gedung Sidang DPRD Kab. Solok itu bisa dimanfaatkan secepatnya.

“Pihak Pemprov menyarankan agar Pekab dan Pemko Solok membuat atau menukar akad kesepakatan dari tukar guling menjadi saling hibah antar kedua daerah,” jelas Novrial.

Menurut Novrial, sebenarnya masalah tersebut tidaklah terlalu sulit menyelesaikannya bila kedua kepala daerah mau saling membuka diri dan serius menanganinya. Namun sampai dia dimutasikan menjadi Kepala Dinas Catatan Sipil Pemprov Sumbar, tidak lanjut dari saran yang diberikan pada pertemuan di Jakarta tahun 2016 tersebut tidak ada. Dalam artian, tidak ada pemberitahuan atau laporan kepada Pemprov Sumbar tentang relalisasi dari rekomendasi dan saran yang telah diberikan.

“Kalau ada yang beranggapan Pemprov Sumbar tidak peduli pada masalah ini, itu adalah pendapat yang keliru,” kata Novrial.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Suhardi Batubara, mantan pejabat Pemkab Solok yang mengaku banyak terlibat dalam masalah tukar guling Pemko dan Pemkab Solok yang kini bak benang kusut masai tersebut.

“Saya sependapat dengan Pemrov Sumbar. Pemko dan Pemkab Solok harus kembali duduk semeja dan saling membuka diri. Ibarat benang kusut, kusutnya belum lagi bak sarang tempua dimana hanya dengan api menyelesaikannya,” kata Suhardi Batubara menyitir bidal bidal Minang ketika dihubungi lewat telpon (Sabtu, 26/8).

Menurut Suhardi Batubara, kalau masalah ini tak segera dislesaikan, yang rugi adalah Pemerintah Kab. Solok, sementara itu Pemko Solok telah memanfaatkan sejumlah asset Pemkab Solok di wilayahnya.

“Untuk itu dituntut kemauan dan keseriusan kedua kepala daerah terkait untuk segera menyelesaikannya. Sebagai kepala daerah mereka harus siap menerima konsekuensi dan resiko yang yang diakibatkan masalah ini,” kata Suhardi Batubara. ** Rhian/Mempe

938 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*