Malam Kemilau Budaya Indonesia Bagian Barat, Sukses dan Meriah




Suasana Malam Lembayung Indonesia Bagian Barat di Pangeran Beach Hotel.
Suasana Malam Lembayung Indonesia Bagian Barat di Pangeran Beach Hotel.

Padang, Editor.- Memanfaatkan suasana akhir pekan ini, panitia pelaksana Rapat Koordinasi Teknis Program Unggulan DPP Himpunan Wanita Karya (HWK) menggelar acara Malam Kemilau Budaya Indonesia Bagian Barat di aula Hotel Pangeran Beach Padang pada Sabtu (20/1) dengan menampilkan ragam kesenian dan pertunjukan budaya dari Indonesia Bagian Barat di hadapan lebih dari 100 orang undangan dari 16 provinsi se-Sumatera dan Jawa.

Acara ini merupakan salah satu dari serangkaian acara Rapat Koordinasi Teknis Program Unggulan HWK selama tiga hari sejak Jumat (19/1) hingga Minggu (21/1). Malam Kemilau Budaya Indonesia Bagian Barat diawali dengan penampilan dari kelompok seni Sumbar Talenta binaan HWK Sumatera Barat kemudian dilanjutkan dengan Peragaan Busana Tradisional HWK Indonesia bagian Barat yang didukung oleh Komunitas Baju Kuruang Baseba. Beragam baju adat dan tradisi dari 16 provinsi wilayah Sumatera dan Jawa ditampilkan dengan sangat apik oleh pengurus HWK tiap provinsi dengan diiringi musik daerah. Indonesia sendiri memiliki lebih dari 600 model pakaian tradisional perempuan.

Sebagai Tuan Rumah, HWK Sumatera Barat mempersiapkan acara ini dengan baik. Suguhan pertunjukan bertema Minangkabau sangat terasa di dalam ruang tertutup itu. Apalagi penampilan peragaan busana tradisi yang dibawakan oleh Shirley Idris bintang tamu dari Malaysia mampu menarik perhatian dari para undangan yang memenuhi ruang tertutup itu.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengungkapkan rasa bangga dan dukungannya akan kerja positif dari organisasi HWK. Sebagaimana biasa, Irwan Prayitno pun menyelipkan beberapa pantun spontan dalam sambutannya. Drs. Suarman Kepala Balai Nasional Pelestarian Budaya turut memberikan kata sambutan. Pejabat yang baru dilantik tersebut mengajak HWK untuk selalu bergandengan tangan dengan pihak Balai Pelestarian Budaya dalam menaja kegiatan-kegiatannya nanti.

Pada malam tersebut, diluncurkan pula program unggulan HWK Indonesia yakni Festival Budaya Kreatif dan Koperasi HWK oleh Ketua Umum DPP HWK Ir. Dany Soedarsono yang tampil dibalut busana daerah yang elegan bersama dengan Dra. Sastri Y. Bakri, Akt. M.Si. CA, QIA Ketua HWK Sumatera Barat.

Kemeriahan suasana acara tidak dapat dilepaskan dari penampian demi penampilan dari Sumbar Talenta yang sudah 13 tahun malang melintang di panggung seni pertunjukan dalam dan luar negeri. Mereka membawakan berbagai pertunjukan mulai dari bernyanyi, musikalisasi puisi dan tari-tarian. “Tahun 2018 ini Sumbar Talenta menjadi ikon budaya DPP HWK dan akan segera digelar pula nanti di daerah lain kegiatan yang terinspirasi dari proses Sumbar Talenta untuk mendukung program Festival Budaya Kreatif,” ujar Ir. Dany Soedarsono seraya diamini oleh Dra. Sastri Y. Bakri Ketua Panitia Pelaksana dan tuan rumah.

Acara semakin meriah dan gembira manakala ditutup dengan permainan KIM, sebuah hiburan kesenian khas Sumatera Barat, dipandu dengan kocak oleh One, seorang pemandu acara kondang di Sumatera Barat. **  Denni Meilizon/Muhammad Fadhli

121 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*