Malam Ini, Kaba Festival V Akan Disemarakkan Tari “Kato” dan “Onduo Dalam Gerak”




Nyanyian Tubuh, salah satu penampilan karya tari pada Kaba Festival V.
Nyanyian Tubuh, salah satu penampilan karya tari pada Kaba Festival V.

Padang, Editor.- Dua koregrafer Indonesia, Dasrikal dengan Rumah Seni Balai Proco dari Provinsi Riau dan Joni Andra dengan Impressa Dance Companyi dari Padang akan menyemarakkan malam ketiga Kaba Festival V di Ladang Tari Nan Jombang, di Balai Baru padang mala mini, Rabu (27/11).

Rumah Seni Ballai Proco akan menampil tari yang diberi judul Onduo Dalam gerak yang didukung oleh tujuh orang penari dengan penata music Riko Setiawan. Onduo meruppakan sastra lisan yang selalu dilantunkan menggunakkan kata nasehat atau petuah baik, Tujuannya adalah memberi sebuah pengajaran agar kelak hidup lebih terarah.

Berbagai  gerak dan ekspresi muncul saat Onduo ditampilkan. Bertolak dari itulah Dasrikal menggarap sebuah karya tari yang diberi judul Onduo Dalam Gerak yang akan ditampilkannya pada malam ketiga Kaba Festival V mala mini.

Sementara itu Joni Andra dengan Impressa Dance Company akan menampilkan karya tari berjudul Kato yang didukung oleh lima orang penari dengan penata music Hasannawi.

Kata tak lagi menjadi panutan. Lembaga hanya menjadi iasan dalam negeri. Bundo Kanduang tak lagi jadi bunda sejati.. Negeri ini telah kehilangan sejarah. Kata hanya tinggal sebatas Kato …  Demikian Andra Joni menuliskan pengantar untuk karya tarinya yang akan ditampilkannya mala mini. ** Rhian

115 Total Dibaca 8 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*