Mahasiswa UNP Dilibatkan Sukseskan Program Genre

Padang, Editor.- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Republik Indonesia Surya Chandra Surapaty mengajak mahasiswa l menyukseskan program Generasi Muda Berencana.

“Mahasiswa adalah salah satu bagian generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. Maka saya mengajak para generasi emas bangsa ini turut menyukseskan program generasi berencana (Genre),” katanya di GOR Universitas Negeri Padang, Senin (13/2).

Pernyataan itu diungkapkan Surya saat memberikan kuliah umum bertema “Revolusi Mental dalam Pembentukan Karakter Bangsa” dihadapan sekira 700 mahasiswa UNP. Dia juga menekankan pemuda harus matang merencanakan masa depan. Selain itu juga harus mampu membebaskan diri dari tiga hal, yakni pengaruh narkoba, seks bebas atas seks pra nikah dan menikah pada usia dini.

Menurutnya, masalah mahasiswa yang timbul diantaranya hamil di luar nikah, aborsi), AIDS, penyalahgunaan Napza dan sebagainya. Mahasiswa membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi, pentingnya menata masa depan dengan baik lewat meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri. Ia mengajak mahasiswa mempelejari ilmu Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) tentang tiga resiko yang dihadapi remaja (triad KRR) serta meningkatkan kualitas hidup guna membentengi diri dari perkembangan pergaulan dan menghadapi persaingan global.

“Untuk itu, pemuda Indonesia, generasi penerus bangsa harus memiliki karakter dan kualitas. Untuk itu selain dari segi kuantitas, bangsa Indonesia juga memerlukan generasi emas yang berkualitas sehingga mampu bersaing di tengah persaingan global,” katanya.

Sebelum kuliah umum, kegiatan dibuka oleh Rektor UNP dan turut hadir pimpinan fakultas selongkungan UNP serta Kepala BKKBN Perwakilan Sumatera Barat Syahruddin dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Ganefri menjelaskan BKKBN (Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional) sebagai wakil pemerintah yang bertanggung jawab menjalankan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja), suatu program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana (GenRe).

Untuk menjalankan niat mulia tersebut, UNP sebagai isntutusi pendidikan yang menghimpun banyak remaja perlu terlibat mengkahiri sambutannya, Rektor UNP, Ganefri melakukan penandatanganan kerjasama dengan BKKBN Pusat. ** Agusmardi

1129 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*