Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Nasinal Tahun 2018

Sekdakab Solok Azwirman pada kegiatan lomba perpustakaan nagaridesa di Saok Laweh.
Sekdakab Solok Azwirman pada kegiatan lomba perpustakaan nagaridesa di Saok Laweh.

Saok Laweh, Editor.- Bupati Solok di wakili Sekretaris Daerah Kab. Solok Aswirman SE. MM mengatakan, merasa bangga dengan terpilihnya Nagari Soak Laweh dinilai oleh Tim Penilai Tingkat Propinsi, dimana telah berhasil mewakili Propinsi Sumbar pada lomba perpustakaan Desa/kelurahan tingkat nasional tahun 2018.

Menurut Aswirman, perpustakaan mempunyai tugas menghimpun informasi dan ilmu pengetahuan dan perubahan yang terjadi dan akan selalu mengalami perkembangan sesuai dengan peradaban zaman.
Diharapkan agar perpustakan merupakan pusat informasi sehingga pencari informasi untuk mendatangi perpustakaan.
“Pemerintah Kab. Solok pada tanggal 12 September 2017 telah mendapatkan penghargaan dari perpustakaan nasional RI dengan menerima penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka. Untuk tahun ini akan dilanjutkan program Gerakan Nagari Membaca yang dijadikan pilot projek sebanyak 10 nagari di Kabupaten Solok,” kata Aswirman dalam kata sambutannya pada Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Nasinal Tahun 2018 di Nagari Saok Laweh, Seni (16/7).
Sebelumnya ketua pelaksana kegiatan tersebut melaporkan, alah satu gerakan yang dilakukan oleh YAGEMI (Yayasan Gemar Membaca Indonesia) bekerjsama denngan Pemkab Solok adalah program buku masuk rumah. Kegiatan ini mendapatkan bantuan buku sebanyak 1000 buku yang disumbangkan oleh pihak ketiga yaitu PT Taspen pada tahun 2016.
Bantuan buku ini disalurkan ke rumah rumah penduduk agar buku tersebut dapat dibaca oleh masyarakat yang dilaksanakan oleh kader dan relawan yang mengantarkan buku bacaan tersebut.
Teknis distribusi buku tersebut dimasukan dalam kantong plastik sebanyak 5 bh yang terdiri dari bacaan untuk bapak 1, untuk ibuk ibuk 1 dan 3 bh untuk anak anak
Setelah 15 hari buku tersebut di jemput oleh relawan ke rumah rumah dan di ganti dengan buku yang baru.
“Pada tahun 2018 gerakan gemar membaca dengan sistim tersebut telah bisa di nikmati 4 jorong di soak laweh dan kader relawan sudah bertambah 9 orang,” jelasnya.
Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Solok di wakili Sekretaris Daerah Kab. Solok Aswirman SE, MM, Wali Nagari Saok Laweh Irwin Saputra, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Sumatera Barat Drs. Alwis, Tim Penilai Nasional T. Syamsul Bahri SH. M.Si dan Ir. Ahmad Adli Harahap, M.Si. Ekspos Pengelola Perpustakaan Nagari Saok Laweh Edwar Chandra, Ka. Pol PP, Sekretaris Dinas Pendidikan
Sekretaris BPNM, Anggota DPRD Propinsi M. Al Ghazali dan
Anggota DPRD Kab. Solok M. Hidayat Bsc. ** Rhian/Doni/Hms

590 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*