Lomba Mubaligh Cilik Luak Limo Puluah 2017 Banjir Peminat

Tanjung Pati, Editor.- Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Lima Puluh Kota, bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lima Puluhkota dan Forum Jurnalis Wisata Luak Limopuluah, menggelar kegiatan Islami, berupa Lomba Mubaligh Cilik Antar SD dan SLTP se-derajat yang akan digelar mulai 25 Maret 2017  mendatang.

Iven yang bernuansa Islami ini dimaksudkan sebagai pengangkat ghirah Islamiah di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, ujar Ketua IPHI Lima Puluh Kota H. Saiful, Senin (20/3/2017).

“Kita berkomitmen menciptakan penggiat dakwah di Luak Limopuluah. Untuk itu, pesertanya, siswa Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah sederajat serta Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Madrasah Tsanawiyah,sederajat lainnya. Diharapkan masing masing sekolah di Payakumbuh dan Limapuluh Kota dapat memngirim utusannya untuk ikut lomba ini,” jelas Ketua IPHI Lima Puluhkota H. Saiful.

Dikatakannya, seluruh peserta akan diberikan piagam penghargaan. Metode lomba dengan penilaian dari juri yang ahli di bidangnya, perlombaan akan dimulai Sabtu, 25 Maret mendatang dari pukul 10.00 WIB – selesai. Jumlah peserta tidak dibatasi, hanya setiap sekolah berhak mengirimkan 2 peserta pria dan 2 peserta wanita.

Tentang materi dan penampilan diserahkan ke masing-masing peserta dan guru pendampingnya. Tema untuk babak penyisihan meliputi, Cinta kepada Allah, Mencintai Sesama, Cinta kepada Rasul, Taat pada guru, Berbakti kepada orang tua, Pentingnya menuntut ilmu, lalu tema babak final diberitahukan kemudian.

Membangkitkan ghirah Islamiyah, panitia hanya mensyaratkan peserta membawa saat pendaftaran sampai hari H acara sampai pukul 9.00 WIB harus membawa persyaratan sebagai berikut, surat rekomendasi dari kepala sekolah, formulir pendaftaran dapat diunduh di halaman Facebook https://www.facebook.com/fjw50/, pas foto ukuran 3×4 sebanyak (2 lembar)/orang, diberi nama di belakang foto, seluruh persyaratan di atas disatukan dalam map kuning, serta membayar infak pendaftaran sebesar Rp.30.000./orang.

Technical meeting diadakan satu jam sebelum lomba. Bagi setiap sekolah yang mendaftarkan diri diharuskan untuk mengikuti technical meeting yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 Maret 2017, 09.00 s/d 10.00 WIB di IPHI Lima Puluh Kota. Setiap regu diwakili sekurang-kurangnya oleh seorang peserta atau pengamat dari sekolah yang bersangkutan. Setiap perwakilan regu diharuskan hadir selambat-lambatnya 10 menit sebelum technical meeting dimulai. Peserta yang tidak mengirimkan perwakilannya (Tidak Mengikuti Technical Meeting) dianggap menyetujui hasil Technical Meeting.

Nah, pendaftaran peserta paling lambat pada saat technical meeting. Pada saat Technical Meeting diharapkan untuk membawa berkas Pendaftaran dan Ketentuan Kegiatan ini. Peserta technical meeting diharuskan memakai pakaian/seragam yang menutup aurat.

Sistem Perlombaan

Setiap peserta mempunyai waktu 5 menit untuk berpidato, time keeper akan membunyikan bel 1 kali tanda peserta memulai pidato, apabila waktu telah mencapai 4 menit time keeper akan membunyikan bel 2 kali dan setelah 5 menit, maka time keeper akan membunyikan bel 3 kali. Apabila telah melewati waktu 5 menit 20 detik time keeper akan menyalakan bel berkali-kali sebagai tanda bahwa pidato harus segera diakhiri.

Setiap sekolah diperbolehkan membawa supporter. Setiap pengamat dan supporter diharuskan mengenakan pakaian seragam sekolahnya masing-masing yang menutup aurat dan berjilbab untuk perempuan. Setiap peserta dianjurkan memakai pakaian yang semenarik mungkin. Setiap peserta diharuskan hadir di tempat kegiatan selambat-lambatnya 15 menit sebelum kegiatan dimulai. Ketidakhadiran peserta setelah 3 kali pemanggilan berturut-turut maka peserta dinyatakan gugur.

Sebelum perlombaan dimulai, setiap peserta diwajibkan untuk melaksaanakan daftar ulang terlebih dahulu. Peserta, pengamat, dan supporter wajib menjaga kebersihan dan ketertiban. Pemenang ditentukan dari pengumpulan nilai terbanyak dari tiap-tiap kriteria nilai. Peserta yang dinyatakan lolos pada babak penyisihan oleh dewan juri berhak mengikuti babak final untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Nama yang didaftarkan (Maksimal 2 Pria dan 2 Perempuan per sekolah) dikirim ke Nomor WA Panitia Dodi SyahPutra Malin Marajo (081266551333). ** Yus

 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*