Lomba Gerak Jalan Meriahkan HUT RI ke 71 di Singai Limau

Sungai Limau, Editor.- Sebanyak 115 siswa-siswi SD, SMA, MTSN dan MAN dari Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman ikut Lomba Gerak Jalan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 71 tingkat Kecamatan, Selasa 16-08-2016.

Acara memeriahkan HUT RI ke 71 tingkat Kecamatan ini diselenggarakan di ibu kota Kecamatan Sungai Limau selama dua hari dengan berbagai acara yaitu, Gerak Jalan, Tarik Tambang, Panjat Pinang, Gadang Thasya, Gerak Jalan, Lomba Adzan, dan Tapis Alquran, serta Shalat Jenazah. Juga masing-masing nagari dan korong-korong mengelar kesenian tradisional.

Dalam kegiatan tersebut  yang cukup menarik dari komunitas masyarakat yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Phasie Mahelo ikut ambil bagian dalam kegiatan memeriahkan HUT RI tersebut.

Masyarakat Phasie Mahelo yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga ini tak segan-segan wajahnya di hiasi dengan cat warna, dan dilengkapi dengan senjata ditanggan mereka. Walupun senjata tersebut senjata mainan, namun kalu dilhat sekilas mirip dengan senjata jenis F 16 yang biasa digunakan TNI untuk bertempur, sebagaimana layaknya seorang prajurit yang siap tempur dalam peperangan memperebutkan kemerdekaan.

“Pelatihan yang diberikan kepada masyarakat Phasie Mahelo selama dua hari dalam rangka mengikuti gerak jalan ini sebagai upaya untuk memberikan pelatihan fisik sekaligus guna menanamkan jiwa nasionalisme kepada mereka,” ata Mayor Yoegi Azhar putra asli daerah Sungai Limau.

Menurut dia, dengan diikut sertakan masyarakat dalam memeriahkan HUT RI ini agar masyarakat dapat merasakan jiwa nasionalisme, semangat patriotisme dan semangat membangun.

Dijelaskan, para peserta gerak jalan dari komonitas Phasie Mahelo ini adalah para ibu-ibu rumah tangga yang ikut memeriahkan HUT RI yang ke 71 ini. Kita sebagai masyarakat yang cuma menikmati saja hasil perjuangan para pahlawan bangsa sudah sepantasnaya mempersipkan perayaan kemerdekaa.

Ia melanjutkan, walaupun dalam kondisi berduka pada saat ini bukan untuk melunturkan semangat dalam berbuat baik terhadap masyarakat dan daerah.

“Saat ini keluarga kami sedang berduka, karena orang tua kami telah berpulang keramahthullah beberapa bulan lalu, jadi kami sedang melakukan 40 hari wafatnya orang tua kami. Namun dalam hal ini kami sangat peduli dan ingin berbuat baik terhadap masyarakat dan daerah,” kata Mayor Yoegi.

Momentum seperti ini, tambah yoegi, kami cukup terpanggil untuk peduli terhadap kampung halaman dan masyarakat yang kami cintai ini. “ Apapun kondisinya yang penting kami berbuat baik terhadap kampung halaman kami,” terangnya.

Katanya, Apa kegiatan HUT RI ke 71 Tahun 2016, Sebagaimana yang kita ketahui bersama, tak terasa sampai tahun 2016 ini kita kembali bisa memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71. Kita semua harus bersyukur karena nikmatnya lah kita masih bisa merasakan indonesia yang merdeka.

Kegiatan Menyambut dan Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-71 Agustus 2016 tidak hanya dilaksanakan di sekolah saja namun juga di Kecamatan sperti ini, korong-korong nagari, dan lingkungan lainnya.

Selain itu, Mayor Yoegi juga mengajak dan memotifasi siswa-siswi Kecamatan Sungai Limau, agar dapat mengikuti jejaknya. Setidaknya, siswa siswi Sungai Limau ada yang berpangkat Jendral hendaknya.

“Adik-adik siswa-siswi hendaknya dapat mengikuti jejak saya, setidaknya ada siswa siswi Sungai Limau yang berpangkat Jendral hendaknya,” tandas Yoegi. ** Suger

768 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*