Literasi Mencerdaskan dan Memanusiakan Pelajar SLTA se-Sumbar




Rafendi.
Rafendi.

PORTAL BERITA EDITOR edisi Kamis (9/11) memuat berita, dalam rangka merealisasikan gerakan literasi di sekolah yang diharapkan mampu mendorong penguatan pendidikan karakter dan peningkatan kompetensi  siswa, Gubernur Sumatra Barat Prof Dr Irwan Prayitno – yang didampingi Kadis Pendidikan Burhasman – Rabu (8/11) di Gubernuran Padang, menginstruksikan jajaran pendidikan SLTA se-Sumbar untuk melakukan gerakan literasi.

“Kita mendorong agar budaya literasi dapat lebih berkembang lagi dan harus kita lakukan. Sumbar sejak dulu banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional dan semua mereka berangkat dari kecintaan mereka kepada membaca dan menulis atau literasi. Literasi harus kita laksanakan dalam bentuk sebuah gerakan. Tanpa gerakan yang masiv, sistematis dan terstruktur, mustahil pendidikan karakter siswa akan tercipta dengan baik,” ujar Gubernur Irwan Prayitno kepada beberapa awak media.

Untuk itu, Gubernur Irwan Prayitno menginstruksikan SLTA se-Sumbar merealisasikan gerakan literasi yang diharapkan mampu mendorong penguatan pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa,” .

Menindaklanjuti instruksi gubernur tersebut, Kadis Pendidikan Burhasman mengaku telah mengeluarkan surat edaran nomor: 20/5311/Sek-2018 tanggal 8 November 2018 tentang Gerakan Literasi di Sekolah kepada seluruh SMA, SMK negeri dan swasta se-Sumbar, yang pada prinsipnya mewajibkan kepala sekolah menyusun kegiatan literasi baik terintegrasi pada intrakurikuler maupun ko dan

ekstrakurikule, dan mewajibkan siswa membaca dan membuat resume buku fiksi maupun non fiksi yang terhitung Desember 2018 dijadikan persyaratan untuk penerimaan rapor semester, serta pemberian reward kepada siswa yang dinilai baik hasil kegiatan literasinya yang bisa dilihat dari kualitas resume maupun jumlah buku yang dibaca.

Burhasman berharap, instruksi Gubernur ini bisa menjadi pemicu lahirnya literator-literator muda handal yang akan melahirkan siswa berkarakter kuat dari Sumbar untuk Indonesia.

Mencerdaskan dan Memanusiakan Pelajar SLTA

Gerakan literasi (membaca dan menulis resepsi/penerimaan terhadap hasil pembacaan buku fiksi dan nonfiksi, adalah kegiatan yang sangat positif dalam rangka membentuk karakter pelajar SLTA Sumbar yang cerdas dan manusiawi.

Cerdas, karena di samping membuat resume, siswa juga menuliskan apa manfaat dari buku yang telah dibacanya itu. Apalagi kalau buku yang dibacanya itu adalah buku fiksi (karya sastra), yang mengungkapkan tentang masalah hidup dan kehidupan manusia (baik  bertema usaha dan upaya untuk meningkatkan derajat kehidupan, mewujudkan idealism/cita-cita, maupun untuk memperoleh kasih dan sayang lawan jenis).

Khusus buku nonfiksi, janganlah focus kepada buku ilmiah (populer) saja. Sesuai kemajuan zaman, berita-berita yang dimuat media cetak/online dan medsos, yang isinya mengungkapkan tentang peristiwa kenakalan pelajar/tawuran, ditangkap karena pengedar dan pemakai Narkoba, perkelahian gara mabuk miras, tertangkap Pol PP karena pergaulan bebas, penampilan artis dan model yang seronok yang tidak agamis dan adati, atau berita-berita  yang berbau SARA, pelanggaran aturan dan perundangan yang berlaku di NKRI dan bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Tetapi kegiatan literasinya bukan sekedar membuat resume dan apa pesan/manfaatnya, juga dianalisis berdasarkan nilai-nilai adat dan agama (dalam hal ini tentunya adat Minang dan agama Islam), serta aturan perundangan yang berlaku di NKRI.

Dengan demikian, kegiatan literasi akan menghasilkan pelajar SLTA yang cerdas sekaligus agamis, adati, dan nasionalis. Guru yang pas membina dan mengawasi kegiatan literasi ini adalah guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Untuk menghindari jiplak-menjiplak, harus diarsipkan dengan rapi setiap judul dari tugas literasi yang telah diserahkan pelajar. Resume terbaik memang selayaknya diberi penghargaan, sekurang-kurangnya diumumkan setelah upacara bendera. Selamat untuk Pak Gubernur dan Kadisdikbud Sumbar! ** Rafendi

106 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*