Limapuluh Persen Pemain GSI SMP Prov. Sumbar Berasal Dari Payakumbuh

Kadisdikbud Payakumbuh , AH Agustion.
Kadisdikbud Payakumbuh , AH Agustion.

Payakumbuh, Editor.-  Sekurangnya 50 persen dari pemain Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP utusan Provinsi Sumatera Barat adalah pemain dari Kota Payakumbuh, sisanya  baru  berasal dari masing-masing kota/kabupaten di Sumbar.

Pemilihan pemain untuk GSI Sumbar itu dilakukan oleh tim pemantau bakat tingkat Propinsi, ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Drs. AH Agustion menjawab pertanyaan awak media  usai mendampingi tiga atlit O2SN bertemu Wakil Walikota Erwin Yunaz di Balaikota, Rabu (4/9).

Menurut  Agustion, berdasarkan surat keputusan Kepala LPMP Provinsi Sumatera Barat Nomor 1532/D7/KP/2019, dari 18 siswa yang diutus Provinsi Sumatera Barat, 9 diantaranya adalah dari Kota Payakumbuh.

Ke 9 siswa SMP itu antara lain, Rafi Pamungkas (Kiper), Muhammad Lutfi dan Maulana Ibrahim (Stopper), Putra Arrafi dan M Fauzan Attalah (Bek), Lugas Satrya Pratama, M. Pratama Alif Dio, dan Rahan Putra Darnis (Tengah), Sahat Daniel F.S (Depan)

Perjuangan tim Kota Randang bukannya tanpa hambatan. Empat kali menang mulai dari babak penyisihan menempatkan Tim Payakumbuh sebagai runner up grup 2 karena beda selisih gol dengan Tim Kabupaten Tanah Datar.

Perjalanan menuju final, Tim Payakumbuh berhasil menang atas Kota Padang dengan skor 3-2, menang telak  atas Kota Pariaman 3-0 serta mencukur Kabupaten Sujunjung di  semi final dengan skor 2-0.

“Tahun kemaren kita juara di Sumbar, hasilnya ada siswa yang diberangkatkan ke Jepang, dan berhasil ke tingkat nasional, kita optimis untuk meningkatkan prestasi tersebut, dan kita ingin lebih dari jumlah kemarin untuk bisa dikirim ke Jepang,” papar Agustion.

Tahun lalu, Lugas Satrya Pratama siswa SMPN 2 Payakumbuh dikirim ke Jepang selama 15 hari, dari 33 Provinsi terpantau 30 orang oleh tim talent yang diketuai Indra Syafri, disana Lugas menjalani pelatihan gabungan bersama 29 siswa terpilih lainnya.

Menyikapi prestasi ini, Walikota Payakumbuh Riza Falepi menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan, sekolah, pelatih, dan pihak terkait yang telah bersama-sama memberikan sukses dua tahun berturut-turut kepada Kota Payakumbuh dalam kancah iven persepakbolaan siswa SMP itu.

Riza juga kagum dengan semangat para siswa yang telah berjuang menunjukkan skill personalnya dilapangan hijau dalam bermain si kulit bundar.

“Selaku kepala daerah kita sangat bangga dengan prestasi ini, sekaligus mengucapkan terimakasih dengan mencatumkan nama Kota Payakumbuh dalam iven berskala Nasional ini, kita berharap semoga tim pemantau bisa menilai dan menggaet lebih banyak pemain bola kita untuk bertanding di club-club liga besar nantinya,” harap Riza. ** Yus

642 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*