Libatkan MMR Jepang, AKN Sawahlunto Gelar Pelatihan K3

Sawahlunto, Editor.- Tingkatkan kualitas lulusan, Akademi Komunitas Negeri Sawahlunto menggelar pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dengan melibatkan Mitsui Matsushima Resources (MMR) Cooperation atau Lembaga Pelatihan Tambang Bawah Tanah Jepang.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari penuh, di hall Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto itu, menghadirkan empat pemateri dari MMR Jepang dan satu pamateri dari Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT).

“Target pelatihan K3 ini lebih kepada sikap serta perlindungan, yang menyangkut perlindungan nyawa manusia, mesin fasilitas tambang, sumber daya alam, dan dampak negatif tambang,” ungkap Shimoda dari MMR Jepang, Selasa (22/11).

Shimoda mengungkapkan, target akhirnya tetap saja pada terciptanya zero accident dalam pertambangan bawah tanah, dengan materi yang lebih mendominasi pada pencegahan bahaya tambang.

Ada pun materi yang diberikan dalam pelatihan dengan menghadirkan penterjemah itu, melingkupi pengenalan teknologi penambangan bawah tanah, keselamatan tambang,  pencegahan kebakaran tambang.

Selain itu, peserta yang terdiri dari satu angkatan mahasiswa dan dua angkatan alumni itu, juga membahas simulasi evakuasi, ledakan gas, aktivitas keselamatan, prediksi potensi bahaya, serta studi kasus kecelakaan tambang.

Shimoda juga mengungkapkan, pelatihan K3 yang diberikan bagi mahasiswa dan alumni AKN Sawahlunto itu, merupakan kelanjutan dari kerja sama pemerintah Jepang dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM.

Sementara itu, dosen Akademi Komunitas Negeri Sawahlunto, Febri Silvia, mengatakan pelatihan K3 dengan melibatkan MMR Jepang itu dihadiri 65 peserta, satu angkatan mahasiswa tingkat akhir, dan dua angkatan alumni.

“Pelatihan K3 ini sangat penting, akan menjadi salah satu kompetensi lulusan AKN Sawahlunto, khususnya penambangan batubara bawah tanah. Dengan adanya pelatihan ini, akan memantapkan lulusan menjadi tenaga ahli khususnya K3 bidang tamba‎ng bawah tanah,” tambah Febri Silvia.**humas

876 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*