Lestarikan Budaya Bangsa Melalui Festival Dragon Boat




Suasana pembukaan Festival Dragon Boat Internasional nampak Tim Dragon Boat Jepang hadir dalam acara pembuakan
Suasana pembukaan Festival Dragon Boat Internasional nampak Tim Dragon Boat Jepang hadir dalam acara pembuakan

Padang, Editor.- Festival Internasional Dragon Boat ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun di Kota Padang. Melalui kegiatan ini kita dapat melastarikan budaya bangsa kita,sehingga kegiatan ini mencerminkan jati diri bangsa indonesia dimata negara lain, baik di tingkat Asean maupun dunia.

Hal ini disampaikan Kadispora Provinsi Sumatera Barat Adib Alfikri mewakili Gubernur Sumbar, Jum`at (3/8) pada pembukaan Festival Dragon Boat Internasional Kota Padang.

Menurut Adib pada tahun 2018 ini kegiatan Festival Dragon ini sudah ke 16 Kali diadakan di Kota Padang, kegiatan ini sekaligus menyambuat hari jadi kota Padang.
Kota Padang Pernah mendapat penghargaan tertinggi dari badan Dayung Dunia atas penyelenggaraan Festival Daragon Boad. Pada festival kali ini diikuti oleh 7 negara dan 15 provinsi di Indonesia serta 15 Club dari instansi pemerintah TNI dan Polri .

Kota Padang memiliki potensi sungai yang cukup lebar sehingga kota Padang tempat yang cocok untuk melaksanakan iven ini. Pada PON yang lalu di Jawa Barat, prestasi olahraga Sumatera Barat sudah mampu menyaingi daerah lain walaupun belum mampu mempersembahkan medali emas . Semoga pada PON 2020 nanti tim Dayung Sumbar dapat mempersembahkan yang terbaik untuk Sumatera Barat .

Pada kesempatan ini Adib juga menyampaikan, pemerintah provinsi sangat mengapresiasi kegiatan Festival Dragon Boat yang sudah menjadi kegiatan rutin di Kota Padang. Dengan adanya kegiatan ini kita juga dapat membangkitkan potensi wisata. Kita berharap Kabupaten\Kota lain dapat mencontoh Kota Padang dalam membuat iven iven olahraga ini.

Sementara itu Ketua PODSI Sumbar Ismunandi Syofian pada kesempatan ini juga menyampaikan apresiasi kepada Kota Padang yang telah melaksanakan kegiatan Festival Dragon Boat ini secara rutin setiap tahun. Kegiatan ini akan menjadi ajang uji coba bagi tim Dayung Sumatera Barat dalam kegiatan Festival Dragon Boat Iternasioanal ini, karena melalui kegiatan ini kita dapat melihat kemampuan negara negara lain, ujar Ismunandi Syofian .

Walikota Padang yang diwakili oleh Didi Hariadi menyampaikan, kegiatan Festival Dragon Boat akan berdampak positif kepada sektor kepariwisataan dan perekonomian Kota Padang. Disamping dapat mendorong peningkatan pengembangan dan prestasi olahraga Dayung di Kota Padang khususnya dan Sumatera Barat dan Indonesia pada Umumnya. Apalagi olahraga Dayung ini sangat diminati oleh masyarakat daerah pesisir pantai dan perairan di tanah air yang telah berkembang pesat sampai ke tingkat dunia, ujar Didi hariadi.

Menurut Didi Hariadi, kedepan kita mengharapkan akan lebih banyak lagi partisipasi dari peserta untuk mengikuti acara festival Dragon Boat ini. Kita juga akan bisa melaksanakan acara ini lebih meriah lagi, selain dari itu juga menjadi salah satu untuk pembibitan atlit Dragon Boat di masa datang, sehingga nantinya atlit alit ini bisa berkiprah di tingkat nasionaldan in ternasional.

Olahraga Dragon Boat merupakan salah satu cabang olahraga yang selalu dipertandingkan diberbagai iven pekan olahraga. Kota Padang yang berada di pinggir lautm tentu olahraga ini sangat diminati oleh masyarakat Kota Padang .
Atas nama pemerintah Kota saya mengucapkan selamat datang kepada peserta. Selamat mengikuti pertandingan dan selamat menikmati kuliner Kota Padang dan juga dapat menikmati keindahsn alam Kota Padang dan Sumatera Barat pada umumnya, ujar Didi Hariadi.

Kadispora Kota Padang Azwin SH, MH, sekaligus Ketua Paleksana Festival Dragon Boat Kota Padang menyampaikan, kegiatan ini diikkuti 7 Negara dengan 9 Tim Jepang, Hongkong, Malaysia, Taiwan, Viietnam German dan Indonesia dengan peserta sebanyak 166 oarang. Sementara untuk tim luar provinsi Sumatera Barat diikuti sebanyak 10 Tim dengan jumlah peserta 233 orang. Sedangkan peserta dari Kabupaten/Kota dalam provinsi Sumbar diikuti sebanyak 6 Kabupaten dengan jumlah peserta sebnayak 204 orang. Antar Kesatuan diikuti 12 tim dengan jumlah peserta 93 orang. Secara keseluruhan diikuti sebanyak 35 tim dengan jumlah peserta 871 orang.

Acara Pembukaan Festival Dragon Boat juga dimeriahkan dengan peragaan tari tarian dari Daerah Sumatera Barat. Juga nampak hadir dalam acara pembukaan ini Ketua Asean Dragon Boat MR Dick Lim IDBF, para atlet dari dalam negeri maupun yang berasal dari negara lain dan para pejabat dari Kota Padang dan undangan lainya. ** Herman

74 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*