Lakukan Sidak, Pjs Bupati Solsel Temukan Oknum ASN Merokok Dengan Kaki Diatas Meja

Jasman Rizal memberikan arahan ke OPD di Aula Kantor Bupati Solsel.
Jasman Rizal memberikan arahan ke OPD di Aula Kantor Bupati Solsel.

Solok Selatan, Editor – Hari pertama masuk kerja, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan (Solsel) Jasman Rizal, melakukan inspeksi mendadak (Sidak).

Disaat sidak dia tidak menemui satupun Kepala Bagian (Kabag) di ruangan kerja masing-masing di Sekretariat Pemkab Solsel kecuali Kabag Humas Firdaus Firman. Malah ada kantor yang kosong, dan ada oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditemuinya berperilaku tidak sopan.

“Sidak sekeliling Sekretariat, saya tidak menemukan Kabag di ruangan kerjanya. Malah ada oknum ASN merokok-rokok di dalam ruangan kantor dan kakinya naik diatas meja,” ungkap Pjs Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal menyampaikan Temuanny saat tamu ramah dengan seluruh kepala OPD di Aula Kantor Bupati Solsel, Senin (28/9).

Meski Pjs, Jasman menegaskan dia memiliki kewenangan yang sama dengan Bupati Defenitif, hanya saja dalam membuat program tidak bisa.

Selain kinerja diperbaiki dan hal-hal yang pantas bagi seorang ASN, dia juga mengingatkan di tahun politik ini agar ASN tidak ikut serta berpolitik. Tapi bagaimana menunjukan netralitas sehingga tidak ada yang dirugikan dalam situasi politik pemilihan Kepala Daerah serentak di Solsel.

“Suka tidak suka, mau tidak mau. Maka saya akan ambil tindakan, bila ada ASN tidak netral dalam masa tahun politik ini,” tegasnya.

Kemudian pelayanan publik harus diterapkan dengan baik, hal ini meski dibenahi. Karena setalah ia berkeliling dari kantor ke kantor, perlu diperbaiki bersama-sama.

Termasuk masalah terkait sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Jasman meminta instansi terkait harus betul-betul bekerja dilapangan. Jangan sampai pelanggaran banyak, karena belum banyaknya diketahui adanya Perda tersebut di masyarakat.

Menurut Jasman, sosialisasi Perda Adaptasi covid-19 ini, harus digencarkan lagi. Jangan sampai masyarakat divonis bersalah. Di Sumbar jumlah terinfeksi covid-19 254 orang. Dikatakan Jasman, Solsel tes swab paling sedikit di Sumbar. Umumnya, Orang Tanpa Gejala (OTG) kalau dikalkulasikan jumlahnya 90 persen.  Minimal satu hari sampel swab diambil 1.000 orang, dengan cara ini dapat ditekan peningkatan jumlah terpapar covid-19.

“Kenapa saya tidak mau bersalaman dengan ASN, sebab saya takut menyebar virus. Walaupun saya sudah berkali-kali swab. Kebanyakan kita, saat bicara masker dibuka. Kalau tidak bicara, mulut ditutup,” ucapnya.

Jasman pun mengkritik seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Kantor Bupati. Sebab ketika ia mengirim informasi berupa pesan di group, malah OPD tidak ada yang menanggapinya. Seolah-olah informasi yang dia berikan itu tidak penting. Sehingga tidak ada yang mau menjawabnya atau membalas sedikit komentar. Padahal untuk kedekatan saja, dan penyambung silaturahmi.

“Kalau di balas dengan “Ok atau siap” saja. Kan senang saya, nih malah seperti tidak peduli,” tuturnya. ** Natales Idra

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*