Kubangputiah dan Manggopoh Nagari Tertib Dukcapil

Bupati Indra Catri bersama murid SD saat launching program GISA dan KIA Disdukcapil Agam.
Bupati Indra Catri bersama murid SD saat launching program GISA dan KIA Disdukcapil Agam.

Agam, Editor.- Disdukcapil Kabupaten Agam memberikan kepercayaan kepada Nagari Kubangputiah Kecamatan Banuhampu dan Nagari Manggopoh Kecamatan Lubukbasung sebagai daerah percontohan Nagari Tertib Dukcapil.

Kadisdukcapil Agam Drs.Misran M.Pd mengatakan alasan pemilihan kedua nagari itu karena nagari tersebut merupakan daerah yang paling banyak memiliki anak usia dibawah 17 tahun.

Dia merinci, jumlah Penduduk Kabupaten Agam saat ini terdapat 528.619 jiwa, dengan jumlah Anak usia 0 – 18 tahun sebanyak 166.367 jiwa. Sementara yang sudah memiliki Akte Kelahiran baru 136.775 orang, artinya masih terdapat 29.592 orang anak yang belum memiliki surat Akte Kelahiran.

“Sedangkan untuk kedua nagari ini, ada 2.406 orang anak usia 0-18 tahun di Nagari Kubangputiah yang 776 diantaranya belum punya akte kelahiran dan ada 7.728 anak usia 0-18 tahun di Nagari Manggopoh yang 1.345 diantaranya belum memilki kartu akte kelahiran,” ungkapnya.

Dipilihnya Nagari Manggopoh sebagai nagari tertib dukcapil oleh Disdukcapil Agam mendapat respon positif dari pihak nagari setempat.

Walinagari Manggopoh Ridwan mengatakan pihaknya siap mendukung GISA untuk mewujudkan Manggopoh sebagai nagari yang tertib dalam administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

“Di Manggopoh, administrasi pengurusan kependudukan ini sejak tahun 2018 telah terkoneksi langsung dengan Disdukcapil Kabupaten Agam. Kita merespon baik agenda ini, sebagai bentuk dukungannya kita akan mendorong masyarakat yang ada di Nagari Manggopoh untuk mengurus seluruh berkas adminduknya,” ujarnya.


Disdukcapil Agam Telah Kampanyekan GISA

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Novrial secara langsung menghadiri launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Agam, di halaman kantor Bupati, Kamis, (02/05).

Novrial menyebutkan, GISA merupakan gerakan nasional yang ditujukan untuk mengkampanyekan tertib adminduk. Bagaimana masyarakat sadar pentingnya akte kependudukan, KK, KTP serta adminduk lainnya.

“Hal ini sebagai tindak lanjut program tingkat nasional yang merupakan gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya dokumen kependudukan, data kependudukan, pemutakhiran data dan pentingnya pelayanan yang menyenangkan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Novrial, launching GISA kali ini adalah kampanye yang sudah dilakukan pihak Disdukcapil Kabupaten selama ini. Karena Disdukcapil Agam telah lama dengan inovasinya yang “jebol” jemput bola ketengah -tengah masyarakat hingga ke sekolah.

“Masing-masing kabupaten/kota punya spesifikasi, namun Disdukcapil Agam punya kreasi dan inovasi tersendiri yaitu sudah terintegrasi langsung ke kecamatan, serta semua pengurusan diselesaikan satu tempat. Kami sangat apresiasi dengan hal itu,” ungkap Kadis PPKB dan Dukcapil Sumbar.

Hal senada juga disebutkan Ketua Komisi I DPRD Agam, Feri Adrianto yang secara kinerja bermitra dengan Disdukcapil Kabupaten Agam.

“Kita sangat apresiasi upaya pelayanan yang telah dilakukan semaksimal mungkin oleh Disdukcapil Agam selama ini dengan segala keterbatasannya. Terutama saat Pemilu kemaren, bahkan hingga hari libur pun mereka tetap bekerja memberikan pelayanan adminduk bagi masyarakat. Tentang dilaunchingnya GISA dan KIA sebenarnya ini merupakan kegiatan pelayanan yang sudah jauh hari dilakukan Disdukcapil Agam,” ungkap Politisi Partai Demokrat itu.

Lebih lanjut Feri menyebutkan akan terus mendukung setiap inovasi yang dilaksanakan Disdukcapil Agam, terutama untuk memaksimalkan pelayanan di dua nagari tertib dukcapil Kubangputiah dan Manggopoh.

“Di Sumbar hanya Agam yang tidak punya mobil keliling dan SDM yang terbatas. Semoga persoalan pencetakan adminduk masyarakat segera dituntaskan dan untuk kedua nagari tertib dukcapil semoga dilancarkan dan target Kabupaten Agam Sadar Adminduk terwujud,” harapnya. ** Yos/Adv

225 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*