KT Mangkudu Berobsesi Jadi Juara Nasional

Payakumbuh, Editor.- Karang Taruna Mangkudu di Lingkungan Balai Jariang, Kelurahan Balai Tongah Koto, Kecamatan Payakumbuh Utara, punya obsesi kuat untuk mendulang prestasi terbaik di tingkat nasional. Jumat (7/10), tim penilai pusat, berkunjung ke Balai Jariang, guna melakukan penialaian atau verifikasi ke KT Mangkudu ini.

Tim penilai pusat  dipimpin H. Deden Sirajuddin, Sekum Pengurus Nasional Karang Taruna, bersama Kasubdit Karang Taruna Kementerian Sosial RI, benar-benar memberikan apresiasi buat KT Mangkudu. Kemandirian KT Mangkudu dalam menjalankan program pantas diteladani karang taruna lainnya di Indonesia.

“Saya bangga dengan kemandirian KT Mangkudu. Tanpa donasi pemerintah, pengurus mampu menggalang dana, menjalankan fungsi sosialnya dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

“Terimakasih buat Suci Lambang Sari dan Yonaldi,  ketua KT Mangkudu yang lama dan yang baru yang telah bekerja keras mengayomi pemuda kelurahan,” tegas ketua tim penilai Deden.

Sementara itu, tim penilai pusat juga memberikan apresiasi kepada Ketua Forum Karang Taruna Kota (FKTK) Ade Vianora dan Dinsos Payakumbuh, yang mampu mendorong lahirnya karang taruna mandiri di tengah masyarakat.

Ketua KT Mangkudu Suci Lambang  Sari yang diberi kesempatan menyampaikan eksposenya, mengatakan,  karang taruna yang dimilikinya, punya PKBM  (pusat kegiatan belajar masyarakat) yang cukup bermutu di Payakumbuh. PKBM membuka pendidikan setingkat PAUD dan TK. Murid dan tenaga pengajarnya memiliki prestasi di kota ini. Sejak dimulai 2008 lalu, hingga sekarang puluhan prestasi telah diukir murid PAUD dan TK Mangkudu.

Dalam menghimpun dana untuk mensupport kegiatan,  KT Mangkudu punya 2 kolam ikan yang cukup besar,  punya usaha daur ulang sampah, punya unit drum band dan sanggar tari. Usaha ekonomi produktif itu, cukup kuat memfasilitasi kegiatan sosial masyarakat.

Malahan, dalam 10 tahun terakhir, KT Mangkudu, mampu menggelar acara sunatan massal gratis dan memberikan bantuan alat-alat belajar bagi keluarga miskin di kelurahan setempat. Sementara itu, KT Mangkudu juga punya Satgas Taruna Anti Narkoba, yang gencar memberikan sosialisasi kepada warga, terhadap dampak buruk narkoba.

Sebelum turun ke lapangan, tim penilai berjumlah lima orang itu, diterima Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, di ruang kerjanya di Balaikota Payakumbuh. Didampingi Kadis Sosial Idris, Asisten II H. Amriul, Ketua FKTK Payakumbuh Ade Vionora. Saat penilaian, hadir ratusan warga, ninik mamak, LPM dan lurah serta anggota DPRD Dapil Payakumbuh Utara. ** Yus

774 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*