KPU Pessel Agendakan Debat Publik Pertama Paslon Bupati Pada 11 November 2020

Komisioner KPU Pessel.
Komisioner KPU Pessel.

Painan, Editor.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan mengagendakan pelaksanaan debat publik pertama antar pasangan calon (paslon) Bupati dan wakil Bupati pemilihan tahun 2020 pada hari rabu, 11 November mendatang di studio TVRI sumatera barat. Tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil Bupati Pesisir Selatan yang akan adu visi dan misi dalam debat publik tersebut yaitunya pasangan nomor urut satu Hendrajoni dan Hamdanus, pasangan nomor urut dua Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariansyah serta pasangan nomor urut  tiga Dedi Rahmanto Putra dan Arfianof Rajab.

Ketua komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Pesisir selatan, Epaldi Bahar mengatakan dalam pengumuman KPU Kabupaten Pesisir Selatan nomor :407a/PL.02.4-Pu/1301/kpu-Kab/X/2020, masyarakat berhak mengajukan pertanyaan untuk debat publik  dengan ketentuan usulan pertanyaan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum penyelenggaraan debat publik dan dalam mengajukan usulan pertanyaan masyarakat wajib mencantumkan identitas yang jelas.

Sebelumnya Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan telah Melakukan sosialisasi tentang jadwal dan materi debat paslon pilkada 2020 diruang KPU Pessel, Rabu (14/10). Acara ini dihadiri oleh Forkopinda Pessel, pendukung Paslon, Bawaslu, Polres Pessel, Dandim 0311 Pessel, Kesbang Pol Pessel dan wartawan media cetak, elektronik dan online.

Dalam acara yang bertemakan rapat koordinasi  persiapan debat antar pandangan calon Pikada Pessel 2020 tersebut, Ketua KPU Kabupaten Pesisir Selatan Epaldi Bahar mengatakan Pelaksanaan debat awal dilaksanakan pada, Rabu 11 November 2020 dengan materi meningkatkan kesejahteraan  masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kemudian debat kedua dilaksanakan pada, Rabu 25 November 2020 dengan materi,menyelesaikan persoalan daerah, kebijakan dan strategi penangan,pencegahan dan pengendalian Covid-19, menyerasikan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten  dengan  provinsi dan nasional, memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TPS Khusus.

KPU Kabupaten Pesisir Selatan juga membatasi jumlah undangan yang hadir pada kegiatan  debat dengan meliputi, pasangan calon, 2 orang perwakilan Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, 4 orang tim kampanye paslon, 5 orang anggota KPU Kabupaten Pesisir Selatan dengan wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Dalam hitungan hari lagi, Pilkada tahun 2020 untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan akan digelar tepatnya pada tanggal 9 desember 2020 . Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan akan menggunakan hak pilihnya di TPS nya masing masing, tidak ketinggalan untuk warga binaan yang berada di lapas II B Painan,  KPU Kabupaten Pessel juga menyediakan TPS khusus, hal ini dilakukan untuk untuk tetap mempertahankan hak pilihnya .

Ketua KPU Kabupaten Pessel, Epaldi Bahar mengatakan hal tersebut dilakukan sesuai dengan PKPU Nomor 17 Tahun 2020.

“Penetapan TPS di lapas juga untuk melindungi hak pilih bagi warga binaan yang berada di dalam lapas,” ungkap Epaldi Bahar, di Painan (9/11).

Lebih lanjut Epaldi Bahar mengatakan untuk jumlah DPT di lapas tersebut berdasarkan penghitungan pihaknya dan data yang telah ditetapkan terdapat 81 DPT diantaranya 3 pemilih perempuan dan 78 pemilih laki-laki. Sedangkan untuk petugas KPPS juga sudah dibentuk yang terdiri dari anggotanya dan pengawas lapas itu sendiri.

“Dari KPU sudah membentuk petugas KPPS dan petugas wajib dari pengawas lapas itu sendiri,” tutupnya. ** Findo

244 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*