KPU Kota Padang Panjang Berharap Jumlah Pemilih Meningkat

Jumpa pers KPU Padang Panjang.
Jumpa pers KPU Padang Panjang.

Padang Panjang, Editor – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang berharap penggunaan hak pilih oleh warga kota itu pada Pemilu Presiden dan Legislatif  2019 ini akan mencapai sekitar 77,5 %. Jika tercapai, itu berarti naik cukup signifikan dari  Pemilu Presiden 2014 yakni di bawah 70 %.

Harapan itu, seperti terungkap dari ekspos Ketua KPU Kota Padang Panjang, Okta Novinsyah dalam jumpa pers di Hotel Aulia kota tersebut, Sabtu (13/4), sejalan dengan relatif gencarnya kegiatan sosialisasi ke tengah masyarakat terkait Pemilu 2019 oleh jajaran KPU, Panwaslu dan pihak terkait lainnya.

Dalam jumpa pers yang difasilitasi oleh Kepala Dinas Kominfo Pemko setempat, Marwilis itu, Ketua KPU Okta menyebut jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di kota itu pada Pemilu 2019 sebanyak 38.781 orang. Tempat pemungutan suara (TPS) disiapkan sebanyak 177 TPS tersebar di 2 kecamatan 16 kelurahan kota itu.

Seperti diketahui, pada Pemilu 2019 ini setiap calon pemilih akan mendapat 5 lembar surat suara dari panitia pemungutan suara (PPS) di TPS, yakni surat suara calon presiden, anggota DPD-RI, anggota DPR-RI, anggota DPRD Provinsi dan anggota DPRD Kota/Kabupaten.

Calon pemilih silahkan memeriksa kelima surat suara tadi, apakah kondisinya baik, apa sudah ditandatangani oleh petugas PPS. Setelah itu baru ke bilik suara untuk melakukan pemilihan (menusuk tanda gambar calon yang jadi pilihan). Selanjutnya, lipat surat suara dengan baik, terus masukan ke kotak suara sesuai peruntukannya.

Terkait ketersediaan surat suara dan peralatan lainnya seperti kotak suara untuk pelaksanaan Pemilu 2019 di Padang Panjang pada 17 April datang, Ketua KPU Okta Novinsyah menyebut sudah tersedia lengkap. Sedang surat suara yang rusak, Okta menyebut hasil sortiran tercatat sebanyak 9.660 lembar.

Sementara terkait kehadiran saksi calon Presiden, calon legislatif di TPS dibolehkan dua orang per-TPS. Syaratnya, saksi tadi membawa surat mandat dari tim pemenangan calon Presiden/Parpol. Sedang terkait utusan lembaga pemantau Pemilu 2019 di Padang Panjang, Okta menyebut belum ada yang melapor.** Berliano Jeyhan

273 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*