Kota Pariaman Meriahkan Hari Kesehatan Nasional

Pariaman, Editor.- Pembangunan kesehatan merupakan salah satu unsur penopang peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, disamping unsur pendidikan dan ekonomi. Untuk itu sebagai investasi, orientasi pembangunan kesehatan harus lebih didorong pada aspek-aspek promotif dan preventif tanpa melupakan aspek kuratif dan rehabilitastif.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman saat menghadiri acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 52 di Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nareh, Jumat 9/12.

“Pada dasarnya pencegahan penyakit menular maupun tidak menular sangat tergantung pada perilaku individu dan didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi.” Lanjut Wako.

Menurut Health Sector Review 2014, stroke merupakan penyakit tidak menular yang menduduki peringkat pertama yang mengakibatkan kematian. Penyakit ini merupakan ancaman bagi usia produktif yang besar dan seharusnya dapat memberi kontribusi pada pembangunan.

“Mari kita jaga kesehatan kita dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, olahraga yang cukup, serta kita usahakan untuk mengkonsumsi buah setiap harinya, karena dengan itu semua, kita akan selalu hidup sehat dan kita ajak keluarga dan masyarakat lainnya untuk bersikap seperti itu,” lanjutnya.

Mukhlis Rahman juga mengatakan selagi kita sehat, gunakan untuk beraktifitas yang positif dan menghasilkan, karena apabila kita sudah menderita sakit, kita tidak akan dapat berbuat apa-apa, karena itu lebih baik sehat tapi apa adanya, daripada kaya harta tapi tidak berdaya karena sakit, tutupnya.

Berbagai program pemerintah telah diluncurkan dalam bidang kesehatan antara lain pelaksanaan Jaminan Kesehatan nasional (JKN) yang sedah berjalan selama dua tahun. Program proiritas pembangunan kesehatan pada periode 2015 – 2019 dilaksanakan melalui program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, di Kota pariaman telah sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kota Pariaman bula lalu. Kota Pariaman juga telah menjamin kesehatan masyarakatnya melalui program Jaminan Kesehatan Sabiduak Sadayuang (JKSS).

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional  ke-52 tahun ini Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan Kota Pariaman juga melaksanakan berbagai lomba antara lain lomba tanaman obat keluarga antar desa/kelurahan, lomba Poskesdes bersih, lomba poster, lomba penyuluh kesehatan, lomba senam kader, hingga lomba Puskesmas berprestasi. (eri)

Desa Batang Kabung Kec. Pariaman Timur pada Kamis (8/12) melalui sidang BPD telah mengambil keputusan dan menandatangani nota kesepatan tentang penetapan APBDes Batang Kabung Tahun 2017. Penetapan tersebut merupakan desa yang pertama dan tercepat dalam menetapkan APBDes se-Kota Pariaman.

APBDes merupakan dokumen penting bagi desa yang menentukan derap langkah keberlanjutan pembangunan dan jalannya pemerintah di desa ke depan. Apabila APBDes telah ditetapkan pemerintah desa di awal awal tahun, desa telah dapat melakukan persiapan lebih awal utk pelaksanaan program pembangunan desa. Selama in,i APBDes biasanya ditetapkan dipertengahan tahun yg berakibat desa kekurangan waktu utk pelaksanaan pembangunan, mengingat sekarang ini dana desa cukup besar maka perlu ketersedian waktu yang cukup utk mengeksekusi kegiatan yg direncanakan bersama masyarakat tersebut, demikian disampaikan oleh Kades Batang Kabung Kamili, SH. Maka dengan dasar pemikiran tersebut kami bersama BPD bertekad utk menetapkan APBDes lebih awal, dan juga kami ditunjuk sebagai desa perwakilan dari program pembinaan pengelolaan administrasi desa yg di gagas oleh Inspetorat Kota Pariaman.

Sementara itu, Camat Pariaman Timur Hendri, S.Sos yang berkesempatan hadir pada sidang penetapan APBDes tersebut menyampaikan apresiasi kepada desa batang kabung yang telah menetapkan APBDes tercepat, dan berharap apa yg dituangkan dalam APBDes ini, benar benar cerminan aspirasi dan kebutuhan masyarakat batang kabung, sehingga Dana desa yg relatif besar tersebut dapat memberikan manfaat yg sebesar besarnya untuk kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pelayanan publik.

Dan selanjut agar APBDes dapat secepatnya disampaikan ke pemerintah kecamatan utk diteruskan ke walikota untuk mendapat pengesahan. Sidang penetapan APBDes yg berlangsung di kantor Desa Batang Kabung dihadiri kepala inspetorat Drs. Lukman Syam bersama tim asistensi, Camat Pariaman Timur Hendri, S.Sos, Kepala Desa Wakil Ketua dan seluruh Anggota BPD Desa Batang Kabung dan Ketua PKK Desa serta masyarakat desa batang kabung. **Hms

904 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*