Kota Pariaman Gelar Festival Pesona Gandoriah

Pariaman, Editor.- Gubernur mengapresiasi penyeelenggaraan Festival Pesona Gandoriah yang dinilai mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, khususnya Kota Pariaman dan iven ini dapat dijadikan sebagai event tahunan.

Hal itu diungkapkan Kadispora Prov. Sumbar, Priadi Syukur yang mewakili Gubernur Sumbar saat membuka secara resmi Festival Pesona Gandoriah 2016 di Pantai Gandoriah, Kariaman, Sabtu (28/5).

Menurut Priadi Syukur, Pariaman sudah dikenal oleh para wisatawan baik nusantara maupun manca negara dengan wisata budaya tabuiknya, dan sekarang banyak event yang dilahirkan Pemerintah Kota Pariaman untuk menarik turis datang ke Kota ini.

“Pariaman banyak kegiatan menarik dan menjadi perhatian wisatawan nusantara dan internasional, ada Tabuik, Triatlon, Volli Pantai, festival Pesona Gandoriah, dan kegiatan lainnya, tapi perlu didukung dengan promosi yang gencar, ketertiban, keamanan, kebersihan dan harga harus dijaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman dalam sambutanya mengatakan, pariwisata merupakan kebijakan strategis Pemerintah Kota Pariaman karena mampu sebagai daya ungkit pertumbuhan ekonomi daerah. Sebagai daerah destinasi wisata, pengembangannya sejalan dengan visi Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan, adat dan agama.

“Tujuh tahun terakhir, pariwisata terus kita tingkatkan, strategi pemasaran dan iven strategis menjadi kemasan produk yang mampu dipasarkan,” kata Walikota Pariaman.

Dengan menggelar banyak event, lanjut Mukhlis, mampu meningkatkan kunjungan wisata, tentu butuh bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif Propinsi Sumatera Barat dalam menggelar event di Kota Pariaman serta mengikut sertakan negara lain.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Efendi Jamal, mengatakan festival Pesona Gandoriah ini mendukung dari kegiatan nasional, yaitu program pesona Indonesia. Festival Gandoriah diadakan tanggal 28 Mei sampai 1 Juni 2016 di pantai gandoriah,

“Selama 5 hari festival ini, diisi dengan acara bazar dan hiburan rakyat, diantaranya lomba layang-layang kreasi yang diikuti 6 negara, workshop layang-layang, lomba kuliner masak kapalo ikan, gandoriah musik fiesta, selaju sampan, lomba lagu minang anak-anak dan dewasa, lomba surfing, lomba foto dan video pariwisata, lomba kuliner berbagai jenis  sala dan lomba baruak memanjat kelapa,” ujarnya.

Festival Pesona Gandoriah didukung oleh Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Propinsi Sumatera Barat, Perbankan dan Stakeholder terkait lainnya. Selain itu acara ini juga dimeriahkan oleh Penampilan dari Ratu Sikumbang yang mendapat antusiasme masyarakat yang hadir.

Acara pembukaan iven ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Endarmi, Ketua TP PKK Kota Pariaman Reni Mukhlis, Ketua GOW Lucy Genius, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin,  Kapolres Kota Pariaman AKBP Ricko Junaldi, Dandim 0308 Pariaman Letkol Endro Burbiantoro, Kajari Pariaman Yulitaria, Kepala SKPD, Kabag, Camat dan para tamu lainnya yang hadir. ** Y/J/Hms/Sgr

728 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*