Korban Abrasi Pantai Pessel Perlu Penanganan Secepatnya

Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar saat meninjau Abrasi Pantai di Kenagarian empat koto hilia Kecamatan Batang Kapas

Padang, Editor.- Abrasi Pantai yang menimpa masyarakat Batang Kapas dan beberapa titik lainnya di sepanjang Kabupaten Pesisir selatan perlu penanganan serius . Tidak saja soal pengadaan  batu pemecah ombak, relokasi terhadap masyarakat juga perlu dilakukan secepatnya.

Hal ini disampaikan wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar belum lama ini, saat meninjau dan menyerahkan bantuan korban Abrasi Pantai, di Kenagarian Empat koto Hilia Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan.

Menurut Irsyad Safar Masyarakat harus segera dipindahkan tidak ada pilihan lain 38 KK yang rumahnya hancur mesti dipindahkan ke tempat yang lebih aman katanya.

Untuk rumah masyarakat yang hancur mayoritas jenis  semi permanen sudah tidak bisa lagi ditempati dan ada beberapa rumah lainnya yang masih terancam berjarak 30 M dari bibir pantai

Irsyad juga mengatakan Abrasi Pantai ini merupakan bencana tahunan yang siap mengancam masyarakat, jika tidak ditangani secara cepat bisa memakan korban jiwa. Untuk proses penanggulangan bencana pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir selatan, apakah bisa dimasukan dalam anggaran  APBD Provinsi Sumbar atau diajukan ke pemerintah pusat. Sementara untuk pencarian lokasi tempat tinggal baru merupakan kewenangan Pemkab.

Sedangkan untuk proses pembangunan bisa berbagi kewenangan. Ini juga tanggung jawab pemprov Sumbar mengingat abrasi ini akan mengancam kehidupan masyarakat.

“Mestin ada langkah nyata termasuk proses penganggaran,” jelas Irsyad.

Sementara  itu Hamdanus dari Fraksi PKS juga mengatakan, penanganan  Abrasi Pantai ini tidak boleh setengah setengah mesti diiringi perencanaan yang matang.

“Pada lokaksi  iini ada sebuah musholla  yang nyaris tidak ada pembatas  antara hempasan ombak dan halaman bangunan. Begitu juga rumah masyarakat yang sewaktu waktu bisa terkena abrasi,** ujarnya. ** Herman  

126 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*