Komisi III DPRD Pessel Lakukan Kunker: Tinjau IPAL RSUD M. Zein Painan dan RSU BKM Sago

Komisi II DPRD Pessel saat meninjau IPAL RSUD M. Zen.
Komisi II DPRD Pessel saat meninjau IPAL RSUD M. Zen.

Painan Editor.- Pimpinan dan Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan melakukan Kunjungan kerja (Kunker) dan meninjau langsung Instalasi  Pengolahan Air Limbah (IPAL) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Zein Painan dan Rumah Sakit Umum (RSU) BKM Sago, Kamis (6/02).

Kunjungan Komisi II ke RSUD M. Zen.
Kunjungan Komisi II ke RSUD M. Zen.

Dari Hasil Kunjungan Kerja (Kunker) yang dilakukan komisi III DPRD Pesisir Selatan ke kedua Rumah Sakit tersebut, Ketua Komisi III Syafril Saputra mengatakan untuk IPAL di RSUD M.Zein Painan sudah cukup baik dan Profesional

“Setelah dilakukan peninjauan langsung, IPAL di RSUD M.Zein Painan, Pengolahannya sudah cukup baik dan Profesional dan disarankan untuk pembelian cold storage untuk penyimpanan limbah B3, “ ungkapnya kepada editor, Sabtu (8/02).

Komisi III saat meninjau RSU BKM Sago.
Komisi III saat meninjau RSU BKM Sago.

Sedangkan untuk IPAL di RSU BKM Sago, Syafril Saputra menjelaskan harus ditingkatkan lagi.

“Untuk RSU BKM Sago, Pengolahan IPAL nya harus ditingkatkan dan disarankan untuk membuat jadi beton untuk pembuangan akhirnya.,” ungkapnya.

Lebih lanjut terkait tindakan lanjut yang akan dilakukan oleh Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan setelah kunker dan peninjauan langsung IPAL di kedua Rumah sakit tersebut, Syafril Syaputra mengatakan akan melakukan evaluasi tentang kondisi yang terjadi dilapangan.

“Setelah kunker ini kami akan mengevaluasi tentang kondisi yang terjadi dilapangan” tutupnya.

Kunjungan Komisi III ke RSU BKM Sago.
Kunjungan Komisi III ke RSU BKM Sago.

Sementara itu, Direktur RSUD M. Zein Painan, Sutarman kepada editor mengatakan merasa senang dikunjungi Komisi III DPRD Pesisir Selatan, Pihak RSUD M.Zein Painan akan selalu berbenah dan memantau hasil olahan IPAL agar tidak merusak lingkungan.

“ Kami Pihak RSUD M.Zein Painan merasa senang dikunjungi Komisi III, kami akan selalu berbenah karena RSUD. M.Zein merupakan Rumah sakit rujukan utama di Pesisir Selatan, IPAL kita termasuk yang modern dan sekarang akan kita terus tingkatkan kualitasnya agar tidak mengganggu lingkungan sekitarnya, karena Rumah sakit kita berada di tengah kota, jadi kita harus selalu memantau hasil olahan IPAL agar tidak merusak lingkungan, “ Ungkapnya

Komisi III meninjau RSU BKM Sago.
Komisi III meninjau RSU BKM Sago.

Ditambahkannya lagi, RSUD M.Zein Painan sudah memiliki Cold Storage untuk penyimpanan limbah B3 dan jika hasil limbah B3 melebihi, Pihaknya memastikan akan menambah cold Storage lagi.

“Untuk limbah B3 kita sudah punya Cold Storage dan andaikan nanti kalau hasil B3 melebihi pasti akan kita tambah lagi cold Storage nya,” ungkapnya

Lebih lanjut, Sutarman menjelaskan untuk pemusnahan limbah B3 itu sendiri, Pihak RSUD M.Zein Painan memakai pihak ke 3 dan diangkut 2 kali dalam sebulan.

“limbah B3 kita pemusnahannya pakai pihak ke 3 dan diangkut 2 kali dalam sebulan,“ tutupnya. ** Findo

170 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*