Kiprah dan Karya Ali Mukhni Sebagai Wabup dan Bupati Padang Pariaman (2): Piawai Mem-PHK Proyek Pusat

RSUD Padang Pariaman di Parit Malintang salah satu pembangunan yang monumental semasa duet Ali Mukhni sebagai Wakil Bupati Muslim Kasim (2005-2010) dan sebagai Bupati Padang Pariaman dua periode (2010-2020).
RSUD Padang Pariaman di Parit Malintang salah satu pembangunan yang monumental semasa duet Ali Mukhni sebagai Wakil Bupati Muslim Kasim (2005-2010) dan sebagai Bupati Padang Pariaman dua periode (2010-2020).

Almarhum Muslim Kasim (Bang MK-nya Wabup dan Bupati Ali Mukhni) semasa dua kali periode (2000-2010) menjabat bupati dikenal gigih menggaet “kue pembangunan” yang telah dapat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Padang Pariaman, baik fisik mau pun non-fisik – yang diprogramkan melalui departemen (sekarang kementerian, red) MK dengan menerapkan kiat dan siasat khusus/tertentu mengupayakannya untuk ditempatkan/dibangun di Kabupaten Padang Pariaman.

Kiat dan siasat khusus/tertentu untuk menggaet program (“kue”) pembangunan Pemerintah Pusat itu ternyata berhasil. Khusus pembangunan fisik sekurang-kurangnya ada tiga pembangunan yang monumental.

Pertama GOR Sungai Sariak yang digunakan pertama kalinya sebagai tempat pembukaan dan penutupan serta mimbar tilawah MTQ Sumbar tahun 2005. GOR yang dibangun di atas tanah  (masyarakat) ini selanjutnya dimanfaatkan sebagai tempat pertandingan cabor sepak bola dan venue cabor atletik.

Kedua, pembangunan RSUD Padang Pariaman di Parit Malintang (akhirnya hampir rampung semasa Ali Mukhni menjabat dua periode Bupati Padang Pariaman, red).

Ketiga, perpindahan dan pembangunan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Padang Pariaman dari Kota Pariaman ke Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung yang diiawali riak-riak kelompok  masyarakat yang tidak setuju dengan berunjuk rasa ke DPRD Padang Pariaman. Bupati Muslim Kasim dengan gigih memperjuangkan anggaran untuk pembangunan kompleks perkantoran bupati (Pemkab Padang Pariaman) di IKK yang baru ini ke Pemerintah Pusat (departemen dalam negeri, red). Kegigihan itu membuahkan hasil. Pembangunan kompleks perkantoran khususnya kantorBupati, Wakil Bupati, Staf Ahli Bupati, Sekretariat Daerah, termasuk kantor sementara Bappeda, Satpol PP dan lainnya di IKK baru Parit Malintang hampir rampung di masa akhir periode kedua masa jabatan Bupati Muslim Kasim (2010).

Ali Mukhni setelah dilantik untuk pertama kalinya sebagai Bupati Padang Pariaman (2010-2015) dengan kondisi jalan masih tanah di awalr tahun 2011 mulai berkantor di IKK baru Parit  Malintang. Bukan saja jalan dua jalur dan sebuah jembatan dari Simpang Pasa Dama menuju Kantor Bupati di IKK baru Parit Malintang selesai dibangun, hingga akhir periode kedua Ali Mukhni menjabat Bupati Padang Pariaman (2020) fasilitas sosial (rumah ibadah/Masjid Raya Padang Pariaman) dan perkantoran lainnya (Dinas PUPR, Badan Perencana, Penelitian, dan Pengembangan Daerah, Pengelola Keuangan Daerah, Inspektorat Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM, dan lainnya (taman, kebun binatang mini dan gedung DPRD, red) sedang dan selesai dibangun di kompleks perkantoran IKK baru Parit Malintang ini.

Berawal dari belajar dengan “Si Abang MK” (bagaimana kiat dan siasat sehingga program pembangunan Pemerintah Pusat berlokasi di Padang Pariaman, dan bagaimana kiat dan siasat sehingga program pembangunan daerah didanai oleh Pemerintah Pusat) itulah Ali Mukhni menjadi piawai mem-PHK (panjek, hoyak, kaik) proyek pembangunan demi kepentingan masyarakat dan daerah Padang Pariaman.

Untuk itu Ali Mukhni langsung mengantarkan proposalnya, dan ada pula tak segan-segan tidur di ruang tunggu kantor menteri yang dituju mengingat ketatnya persaingan untuk mendapatkan “kue” pembangunan untuk masyarakat dan daerah Padang Pariaman, bahkan untuk masyarakat Sumbar sekalipun (Embarkasi dan Asrama Haji, Red). ** Rafendi

 

54 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*