Ketum TP-PKK Pusat Ny. Erni Tjahjo, Canangkan Kesatuan Gerak PKK-KB Kes

Payakumbuh, Editor.- Ibu-ibu kader PKK Payakumbuh mendapat kehormatan untuk bertemu dengan Ketua Umum TP-PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. Isteri Mendagri RI Tjahjo Kumolo itu, hadir di Payakumbuh, dalam rangka Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang berlangsung di Medan nan Bapaneh, di arena acara Payakumbuh Barolek Godang, Kamis (20/10).

Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2016 tersebut ditandai dengan pemukulan Gong oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo sebanyak tiga kali.

Ketua Umum TP-PKK Pusat Ny. Erni Tjahjo Kumolo, datang tidak sendirian. Ia juga membawa sejumlah pengurus pusat TP-PKK lainnya, seperti Ny. Hani Pramono Anung, Sekjen TP-PKK Pusat Ervina, Ny. Marni Reydonizar Monek. Kemudian juga didampingi tiga pejabat eselon I dan II BKKBN Pusat.

Selama di Payakumbuh, rombongan TP-PKK Pusat juga didampingi Gubernur Sumbar diwakili Kadis Kesehatan dr. Rosnini Savitri, Kepala BKKBN H. Novrizal, Ketua TP-PKK Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno, Walikota H. Riza Falepi, dan Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi serta pengurus lainnya.

Di kota ini, ibu-ibu TP-PKK  Pusat itu, setelah dijamu makan siang di Balairung rumah dinas kediaman walikota, menyaksikan pelayanan KB MKJP (metoda kontrasepsi jangka panjang) dan pemeriksaan rahim (IVA test) di Puskesmas Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Keterangan Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi  didampingi Kepala BPMP-KB Payakumbuh Syahnadel Khairi, kunjungan Ketua Umum TP-PKK Pusat itu, sebuah kehormatan yang pantas disyukuri ibu-ibu kader PKK di Payakumbuh. Kedatangan rombongan TP-PKK Pusat itu, akan menambah motivasi  kita dalam meningkatkan kegiatan dan program TP-PKK ke depan.

sari-ater“Jarang-jarang sebuah daerah dikunjungi ketua umum TP-PKK, jika kegiatan TP-PKK daerah bersangkutan tidak menonjol. Alhamdulillah, selama ini TP-PKK Payakumbuh telah berbuat maksimal, ditandai dengan sejumlah prestasi di tingkat nasional, seperti Manggala Karya Kencana (MKK) dari Presiden RI dan juara dua nasional atas nama PKK Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, dalam Lomba PKK KB-Kes Bidang PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) 2016.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan, sebut Ketua Umum TP-PKK  Erni Guntarti, saat memberi sambutan dalam acara pencanagan tersebut, merupakan kegiatan integrasi antara Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK dalam rangka mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Di antaranya,  terbentuknya kelompok dasa wisma baru dan meningkatnya dasa wisma aktif, terlaksananya pengumpulan data, pemenuhan dan peningkatan pelayanan kontrasepsi dan kesehatan reproduksi. Ia juga berharap,   pengembangan dan peningkatan advokasi dan KIE KB, lingkungan bersih dan sehat serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dikatakan, kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Sumatera Barat,  merupakan momentum yang memiliki makna dan peran strategis, khususnya dalam menjadikan keluarga-keluarga di kota dan kabupaten di Sumatera Barat, sebagai unit terkecil dari masyarakat, tempat dimulainya revolusi mental. Karena keluarga merupakan wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter.

Terkait dengan itu, Gubernur mengajak seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder lainnya, bersinergi dalam menyukseskan kegiatan Gerak PKK KB-Kes, melalui 10 program pokok PKK. Seluruh pengurus dan kader PKK, didaerah,  baik di tingkat  kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa, harus berkontribusi positif dalam  mempercepat terwujudnya keluarga-keluarga yang berkarakter. Turut memberi sambutan, Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dan Kepala BKKBN Pusat diwakili Deputi KB KR Dwi Lystia Wardhani. ** Yus

964 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*