Ketua Umum IPSI Sumbar, Fauzi Bahar: Silat Bisa Dijadikan Sarana Pendidikan Karakter

Fauzi Bahar bersama pengurus Pengprov IPSI Sumbar saat jumpa pers sehubungan dengan pelaksanaan Rakerda IPSI tahun 2019.
Fauzi Bahar bersama pengurus Pengprov IPSI Sumbar saat jumpa pers sehubungan dengan pelaksanaan Rakerda IPSI tahun 2019.

Padang, Editor.- Silat adalah salah satu budaya dan olahraga yang bisa menjauhkan generasi muda dari narkoba, LGBT dan kenakalan remaja lainnya. Untuk itu Pengprov Ikatakan Pencak Silai Seluruh Indonesia (IPSI) akan terus mengembangkan silat ke seluruh lini, terutama melalui sekolah dengan menjadikan silat sebagai ektra kurikuler.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Pengprov IPSI Sumbar, Dr. Fauzi Bahar, MSi pada jumpa pers, Senin (28/1) sehubungan dengan akan dilaksanakannya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IPSI Sumbar yang akan dilaksanakan Sabtu (2/2) mendatang, bertempat di Hotel Ina Muara Padang.

Lebih lanjut Fauzi Bahar menjelaskan, silat merupakan seni olahraga yang bisa dijadikan sarana pendidikan karakter bagi generasi muda.

“Dalam silat Minang dikenal istilah ‘silek duduak’ dan “silek tagak’, maksudnya adalah silek duduak merupakan pendalaman ilmu agama yang dilakukan di surau dan silek tagak adalah seni beladiri yang yang dipelajari di sasaran atau di halaman surau dan bisa dijadikan ajang untuk memacu prestasi dalam bidang olahraga,” kata Fauzi Bahar yang pada jumpa pers tersebut didampingi oleh Sekum IPSI Sumbar, Zulahardi Z Latif, Ketua Pelaksana Rakerda, Syahrial, BAc, dan sejumlah pengurus IPSI lainnya.

Menurut Fauzi Baar, Rakerda tersebut akan diikuti oleh 19 Pengcab IPSI yang ada di Sumatera Barat dan pengurus Pengprov Sumbar .

“Tujuan Rakerda ini adalah untuk membahas program kerja IPSI Sumbar, terutama yang terkait dengan persiapan menghadapi beberapa iven silat tingkat nasional. Diantaranya Pra PON XXV dan beberapa kejuaraan nasional lainnya. Selain itu juga untuk menyusun program pengembangan silat di seluruh daerah di Sumbar melalui perguruan silat yang jumlahnya berkisar 700 sasaran,” jelas Fauzi Bahar. **Rhian

522 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*