Ketua DPRD Sumbar Supardi, Minta Dinas Peternakan Bersinergi Dengan Balai Pembibitan Ternak

Ketua DPRD Sumbar Supardi saat meninjau BPTU HPT Padang Mangatas Kab Limapuluh Kota

Padang, Editor.- Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi, meminta Pemerintah Provinsi melalui Dinas Peternakan, dapat meningkatkan sinergisitas  program dengan Balai Pembibitan ternak Unggul  dan Hijau Pakan ternak (BPTU HPT), sinergi program tersebut diperlukan untuk mendorong meningkatkan produksi ternak sapi didaerah ini.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumbar Belum lama ini, sewaktu melakukan kunjungan Kerja ke BPTU HPT Padang Mangatas Kab Limapuluh Kota. Dia minta pemprov untuk lebih proaktif membuat kajian dan kerja sama dengan BPTU HPT.

Menurutnya, BPTU HPT ini sangat profesional dalam meneliti dan mengembangkan bibit sapi unggul. Pemprov harus bersinergi dan bekerja sama untuk meningkatkan produktivitas ternak.

Supardi juga menyebutkan, BPTU HPT Padang mangatas ini memiliki sekitar 1600 ekor sapi, dari beberapa jenis sapi lokal dan sapi impor, dengan pengelolaan yang profesional. Kualitas sapi yang dibudidayakan sangat bagus.

Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu daerah sentra ternak sapi, tentunya harus melakukan inovasi agar kualtas sapi lokal semakin baik. Untuk itu Pemprov perlu bekerja sama dengan Balai tersebut.

Pada kesempatan ini Suprdi juga mengungkapkan, keberadaan BPTU HPT sejauh ini sudah dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat sekitar kawasan pembibitan, peternak bisa menimba Ilmu pengetahuan dari BPTU HPT terkait teknik beternak yang baik.

“Dengan penerapan teknologi peternakan yang bagus, tentu pembibitan dan penggemukan sapi ternak akan lebih baik, ini yang harus diprogramkan oleh pemprov untuk diterapkan kepada peternak, melalui sinergi program dan peningkatan kerja sama dengan BPTU HPT,” jelas Supardi.

Keberadaan BPTU HPT ini merupakan UPT yang berada dibawah Kementerian Pertanian, Balai ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi peternakan, khususnya peternakan sapi ,dalam rangka membibitkan ternak sapi unggul dan berkualitas. **Herman

176 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*