Ketua DPRD Sumbar Supardi Ambil Sumpah JabatanTujuh Anggota PAW

Pelantikan 7 Anggota PAW DPRD Sumbar.
Pelantikan 7 Anggota PAW DPRD Sumbar.

Padang, Editor.- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Supardi, mengambil sumpah jabatan tujuh anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW) masa jabatan 2019 – 2024 Selasa (8/12), malam melalui Rapat Paripurna di ruang sidang utama kantor DPRD Sumbar.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar, Supardi, didampingi Wakil Ketua, Irsyad Safar, Suwirpen Suib, dan Indra Datuak Rajo Lelo. Sementara dari pihak Pemerintah Provinsi Sumbar dihadiri langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Supardi saat memimpin jalannya rapat mengatakan, sebelumnya sebanyak 9 orang anggota DPRD Sumbar, masa jabatan Tahun 2019-2024, ditetapkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Serentak Tahun 2020.

Sesuai dengan ketentuan Pasal 7 ayat (2) huruf s, Undang-Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, Anggota DPRD yang ditetapkan sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah, wajib berhenti sebagai anggota DPRD sejak ditetapkan sebagai calon Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah, oleh KPU.

Selanjutnya, Anggota DPRD yang berhenti antar waktu tersebut, digantikan oleh calon Anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya. Dari proses administratif yang telah dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan untuk meresmikan pengangkatan Pengganti Antar Waktu tujuh (tujuh) anggota. Sementara yang dua lagi masih menunggu proses.

“Hingga malam ini, baru tujuh SK yang keluar dan secepatnya akan kita agendakan kembali PAW bagi kursi dewan yang masih kosong,” katanya.

Mereka yang dilantik merupakan orang yang telah berpengalaman dan sebagian sudah pernah menjadi anggota DPRD Sumbar pada periode sebelumnya. Dari itu diyakini anggota dewan ini bisa mengimbangi kinerja dewan meskipun tak dilantik sejak awal.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan, dengan adanya pelantikan PAW ini, akan memaksimalkan kinerja kedewanan dan mengucapkan selamat pada anggota DPRD yang telah dilantik.

”Semoga mitra kita lebih baik lagi. Pembahasan kita akan banyak seperti pembahasan anggaran, perda dan lainnya. Dengan adanya dewan yang lengkap, kinerja akan lebih bagus,” katanya.

Irwan menyebutkan sebagian sudah dikenal karena sebelumnya anggota dewan. Dia berharap tentu bisa juga menyerap aspirasi masyarakat terutama di daerah pemilihan.

”Kita tentu tak mampu secara maksimal di lapangan. Dengan adanya dewan ini, tentu akan maksimal dalam menampung aspirasi masyarakat dan bisa tersalurkan pada wakilnya di DPRD,” ujarnya.

Tujuh anggota PAW DPRD Sumbar yang dilantik tersebut, adalah Bukhari Dt Tuo dari Partai Amanat Nasional (PAN) menggantikan Yosrisal. Jasma Juni Dt Gadang dari Gerindra menggantikan Tri Suryadi. Zulkenedi Said dari Golkar menggantikan Benny Utama. Nela Abdika Zamri dari Golkar menggantikan Safaruddin. Artati dari Partai Amanat Nasional menggantikan Andri Warman.

Suharjono dari Demokrat menggantikan Sabar AS dan Hardinalis Kobal dari Golkar menggantikan Khairunnas. Untuk dua anggota dewan yang mengundurkan diri, namun belum dilaksanakan PAWnya adalah Hamdanus dari PKS dan Darman Sahladi dari Demokrat. Sementara satu anggota DPRD Sumbar meninggal dunia, yakni Syahrul Furqan dari PAN. ** Adv/Herman

343 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*