Kesiapan Layanan Telekomunikasi Untuk Sukseskan Asian Games 2018




Kesiapan Layanan Telekomunikasi, Sukseskan Asian Games 2018
Kesiapan Layanan Telekomunikasi, Sukseskan Asian Games 2018

Jakarta, Editor.- Untuk mempermudah proses telekomunikasi dan memberikan impresi baik tentang Indonesia kepada para peserta Asian Games 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berupaya meyakinkan masyarakat tentang jaminan akses telekomunikasi, terutama internet.

Dari sisi jaringan infrastruktur seluler, sejumlah operator, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, dan Smartfren Telecom telah menyiapkan jaringan 4G. Kelima operator seluler tersebut mengklaim memiliki jaringan 4G paling mumpuni. Untuk menerawang kesiapan para operator pun sangat mudah.

Umumnya, jaringan operator diuji keandalannya saat puncak trafik di bulan Ramadan dan Lebaran, dan hari-hari besar lainnya. Dari catatan para operator seluler, semuanya mengalami lonjakan trafik data pada masa mudik Lebaran. Dalam keterangan resmi yang dirilis Liputan6.com, trafik data XL pada Lebaran tahun ini naik 30 persen dibanding hari biasa dan naik 95 persen dibanding Lebaran tahun lalu.

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari didominasi antara lain oleh trafik data streaming, mencakup video dan musik sebesar 47 persen. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16 persen, layanan pesan singkat 13 persen, dan media sosial 12 persen.

Sementara Telkomsel mencatat kenaikan 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3 persen pada H-1 Idul Fitri jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari biasa. Jumlah itu meningkat 109 persen dibanding Lebaran tahun lalu. ** Wisja

88 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*