Kepala Daerah se-Sumbar Sepakati Transaksi Non Tunai

Pariaman, Editor.-  Walikota Pariaman Mukhlis Rahman beserta bupati/walikota kabupaten/kota se-Sumbar lakukan penandatanganan komitmen bersama dalam rangka implementasi transaksi non tunai pada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Ruang Anggun Nan Tongga Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Padang, Senin (25/9).

Penandatanganan ini disaksikan langsung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, perwakilan dari Kemendagri Saiful Anwar dan Kepala Perwakilan BI Sumbar Endy Dwi Tjahjono, Perwakilan dari BPKP Sumbar.

Kegiatan ini juga meliputi Focus Group Discussion(FGD) yang merupakan ajang diskusi yang difasilitasi Bank Indonesia bersama Kepala DPPKA Kabupaten/kota se-Sumbar mengenai sistem keuangan.

Dalam pidatonya, Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, berbagai manfaat dapat dirasakan dengan bertransaksi nontunai, Pertama kepraktisan bertransaksi dan keamanan dalam membawa instrumen non tunai dibandingkan dengan uang tunai. Kedua, efisiensi biaya antara biaya produksi instrument nontunai dengan biaya pencetakan, peredaran serta pengelolaan uang tunai tunai. Ketiga, pencatatan transaksi secara otomatis sehingga memudahkan dalam menghitung aktivitas ekonomi.

“Hal tersebut tentu dapat mencegah underground ekonomi yang umumnya dilakukan dalam bentuk tunai. terakhir, penggunaan alat pembayaran non tunai juga akan meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian yang dapat dikelola secara jujur,” ujar Irwan.

Gubernur juga menegaskan kepada para bupati dan walikota baik yang hadir maupun yang tidak hadir untuk menerapkan program ini secara efektif pada 1 Januari 2018.

Kepala BI perwakilan Sumatera Barat, Endy Dwi Tjahjono menyambut baik apresiasi dari pemerintah daerah melalui Pemprov Sumbar sampai ke daerah kabupaten/kota se-Sumbar untuk mendukung transaksi non tunai ini.

“Dengan transaksi non-tunai, nasabah akan lebih bisa melakukan transaksi dari bank sendiri menggunakan IT tanpa harus membayar secara langsung dan mengurangi antrean panjang dengan tujuan mewujudkan sistem pembayaran yang efisien, aman dan andal dengan tetap menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen,” tutup Endy. ** Phaik/Hms/Sgr

764 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*