Kepala Baperlitbang Tanah Datar Alfian Jamrah, Raih Gelar Doktor dari UNP Padang

DR. Alfian Jamrah bersama istri.
DR. Alfian Jamrah bersama istri.

Batusangkar, Editor.- Drs.Alfian Jamrah, M,Si Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Tanah Datar,  meraih gelar Doktor usai mengikuti Ujian Tertutup Disertasi Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (6/8) di Ruang Pascasarjana UNP Padang melalui Video Conference.

Gelar Doktor yang diterima oleh Alfian Jamrah  dalam  Program Studi Ilmu Pendidikan, setelah mempertahankan disertasinya dihadapan 10 orang tim penguji ujian tertutup, yang berasal dari UNP dan Penguji Tamu dari Universitas Andalas (Unand) Padang, dengan predikat Sangat Memuaskan. Gelar ini diraih setelah menempuh Pendidikan selama 8 tahun, dengan biaya mandiri.

Adapun judul disertasi yang diuji dan dipertahankan adalah Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Nilai-Nilai Kearifan Lokal ‘Tau Jalan Nan Ampek’ di Sekolah Menengah Tingkat Atas Kota Batusangkar”, adapun Topik ini dipilihnya karena  ketertarikan Alfian terhadap dunia pendidikan dan kebudayaan yang memang menjadi perhatiannya selama ini.

Alfian Jamrah menyatakan “Melalui hasil disertasi ini nantinya akan  bisa diterapkan dan kita berharap  dari Tanah Datar sebagai Luhak Nan Tuo akan lahir konsep model pembelajaran tentang pengamalan budaya Minangkabau, pendidikan karakter dengan kearifan lokal. Untuk tahap awal kita upayakan di tingkat SMA, selanjutnya bisa diterapkan ke SMP dan SD.Penerapan ini perlu  dukungan dari pemerintah daerah nantinya,” ungkap  Alfian Jamra dikantornya , Jumat (07/8).

Pada kesempatan tersebut Alfian Jamrah juga berharap .Kepada ASN, terutama yang masih muda, dan masih panjang perjalanan karirnya  agar tidak cepat berpuas diri dengan ilmu, pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. ASN harus selalu mau mengembangkan potensi, mencari pengalaman, dan menambah wawasan. Banyak jalan yang tersedia untuk pengembangan SDM aparatur, bisa dengan pendidikan pelatihan (Diklat), bimtek, atau penataran, di samping jenjang pendidikan formal melalui izin belajar ataupun tugas belajar.

“Karena untuk mengembangkan diri, dan menambah ilmu,tidak akan habis-habisnya. Dulu, saya selalu mencari kalau ada pelatihan-pelatihan,walaupun harus bayar, saya bayar, karena saya haus akan ilmu itu,” ujar Alfian Jamrah

Alfian Jamrah memjadi  ASN hanya memakai   ijazah SMA, lalu melanjutkan D3 di APDN dan S-1 di Universitas Brawijaya Malang jurusan Administrasi Negara. Lalu menyelesaikan Studi S-2 Perencanaan Pembangunan di Universitas Andalas Padang.

Disamping itu Alfian Jamrah juga aktif di organisasi kepemudaan di Tanah Datar sebelum reformasi baik itu di AMPI,KNPI dan organisasi lainnya dan Alfian Jamrah satu-satunya ASN Tanah Datar yang menyandang gelar Doktor

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar pun memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Alfian Jamrah atas prestasinya meraih gelar Doktor di tengah-tengah kesibukannya.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi melalui telepon genggamnya menyampaikan apresiasi dan penghargaan, “Saya yakin untuk mencapai ini  perlu perjuangan yang sangat keras”Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Nilai-nilai Kearifan Lokal ‘Tau Jalan Nan Ampek’ di Sekolah Menengah Tingkat Atas Kota Batusangkar”, sangat aktual saat ini dan sangat strategis di tengah kepungan budaya luar dan terpaan perkembangan teknologi yang sangat gencar. Semoga hasil penelitian Alfian Jamrah dapat diterapkan di dunia pendidikan Tanah Datar”ungkap Irdinansyah Tarmizi.** Jum

163 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*