Kemerdekaan Berbasiskan Data

Masnaidi B.
Masnaidi B.

Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan 74 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 17 agusutus 1945 dengan tujuan membentuk negara kesatuan republik Indonesia dengan tujuan besar sebagaimana yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia”. Dari kalimat tersebut dapat kita ambil beberapa poin tujuan didirikannya negara kesatuan republik Indonesia yaitu :

  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia serta tumpah darah Indonesia. Melindungi segenap bangsa yang berarti melindungi segenap anak Indonesia (KBBI Online), serta melindungi tumpah darah Indonesia berarti melindungi masyarakat yang tempat kelahirannya di Indonesia (KBBI Online). Melindungi, menjaga, merawat dari semua tindakan yang akan dapat merugikan dan menimbulkan bahaya terhadap bangsa. Melindungi berarti memberikan kepastian hukum kepada semua anak bangsa dalam melaksanakan semua aktivitasnya. Kepastian hukum dapat berupa pemberian identitas dan kepastian hukum dalam semau aktivitas yang dilaksanakan oleh masyarakat. Saat ini semua aktivitas masyarakat di zaman milenial sangat bergantung pada teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi dalam semua aktivitas masyarakat merupakan pengembangan dari aplikasi yang berbasiskan database. Database yang digunakan dalam setiap aplikasi saat ini selalu berkaitan dengan database kependudukan yang pengelolaannya dibawah kewenangan kementerian dalam negeri dengan pelaksana teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Memberikan identitas masyarakat dan memastikan kebenaran data penduduk merupakan upaya pemberian kepastian hukum dalam setiap aktivitas rakyat Indonesia
  2. Memajukan Kesejahteraan Umum. Kesejahteraan berupa keamanan, keselamatan, ketentraman jiwa, kesehatan jiwa semua rakyat Indonesia. Kesejahteraan akan dapat diraih apabila semua kebutuhan dasar rakyat sudah terpenuhi. Penyediaan kebutuhan dasar dapat berupa penyediaan sarana dan prasarana termasuk penyediaan lapangan pekerjaan. Dalam menyediakan kebutuhan dasar tentunya memerlukan perencanaan yang baik dan tepat sehingga kebutuhan masing-masing rakyat terpenuhi. Perencanaan yang baik berangkat dari kondisi sebenarnya dari kebutuhan masyarakat yang dituju dan ini memerlukan data yang akurat. Keakuratan data ini menentukan terpenuhinya kebutuhan yang tepat kepada rakyat yang tepat. Penyediaan data perencanaan pembangunan dan penyediaan kebutuhan dasar masyarakat berkaitan dengan data kependudukan. Memberikan kepastian dan keakuratan data kependudukan sangat mempengaruhi perencanaan tersediaanya kebutuhan dasar rakyat Indonesia demi terwujudnya kesejahteraan umum.
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan upaya untuk mewujudkan kesempurnaan akal budi dalam kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan kecerdasan (anak) bangsa dibutuhkan upaya pemberian pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat tentang arah dan tujuan pembangunan bangsa. Tujuan bangsa mesti dicapai secara bersama oleh seluruh rakyat Indonesia dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya masing-masing. Semua pihak akan bergerak di sektor masing-masing untuk mencapai suatu titik yang sudah disepakati bersama sebagai sebuah bangsa dan negara. Pencerdasan ini dilakukan secara terukur dan terencana kepada semua lapisan masyarakat sesuai dengan tingkatan (basis) pengetahuan yang dimiliki. Diperlukan program pencerdasan yang berbasiskan kebutuhan lokal kepada masyarkat karena pencerdasan kepada masyarakat yg memiliki pengetahuan rendah tentu berbeda dengan pencerdasan kepada masyarakat yang memiliki pengetahuan cukup. Mencerdaskan masyarakat akan pentingnya keakuratan data dan administrasi kependudukan merupakan bagian penting dari proses pencerdasan bangsa karena Data kependudukan menjadi basis bagi perencanaan pola pendidikan. Gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan merupakan upaya pencerdasan masyarakat sebagai bagian mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Ikut Melaksanakan Ketertiban Dunia. Pelaksanaan ketertiban dunia dimaknai bahwa memastikan masyarakat Indonesia yang berada diluar negeri memiliki identitas dan kepastian hukum sebagai warga negara Indonesia dengan mencatatkannya kedalam database kependudukan. Pencatatan keluar masuknya penduduk dalam dan keluar negeri bagi warga negara asing merupakan pemberian jaminan dan kepastian hukum terhadap mereka sehingga tercipta ketertiban dan ketenteraman penduduk antar negara (dunia).

Semakin besar perjuangan dalam menciptakan data kependudukan yang akurat maka semakin cepat terwujudnya tujuan pendirian negara. ** Masnaidi B

** Penulis adalah: Magister Administrasi Publik UNP

203 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*