Kementerian Keuangan RI Gelar Diseminasi Dana Desa di Batusangkar

Batusangkar, Editor.- Diseminasi Dana Desa yang dilakukan oleh Kemeterian Keuangan Republik Indonesia  dengan tema ”Padat Karya Tunai Untuk Masyarakat Desa Yang Lebih Sejahtera “, dilaksanakan pada Rabu (7/2) bertempat di aula kantor Bupati Tanah Datar.

Ketua Pelaksana Direktur Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah Lisbon Sirait dalam paparannya mengatakan, kegiatan Diseminasi Dana Desa di Kabupaten Tanah Datar merupakan tempat yang ke 9 dari 71 kabupaten kota di Indonesia yang diikuti Pimpinan OPD, Camat, Walinagari se Kabupaten Tanah Datar dengan  narasumber dari  Kemenkeu RI dan Dirjen Perimbangan Keuangan,

Acara  ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI Dr. Boediarso Teguh Widodo, dan juga  anggota DPR RI komisi XI dihadiri Jon Kennedi Aziz .

Anggota DPR Komisi XI Jon Kennedi Aziz dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri keuangan yang telah memilih kabupaten Tanah Datar untuk melakukan kegiatan Diseminasi Dana Desa/nagari di Sumatera Barat.

Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah luhak nan tuo dengan beragam adat istiadat, tradisi budaya Minangkabau, tidak terkecuali dengan desa yang juga disebut jorong dan pemerintahan diatasnya nagari.

“Pada rapat APBN Perubahan Juli tahun 2017 lalu saya bersama anggota DPR RI dapil Sumbar mendesak pemerintah pusat untuk merubah nagari disamakan dengan desa kita mengharapkan jorong yang disamakan dengan desa sebagai pemerintah terendah di Sumatera Barat, agar dana yang turun kedesa/nagari lebih besar lagi, dimana saat ini Sumbar mendapatkan Dana Desa sebesar 800 miliyar,” kata Jon Kennedi.

Dengan adanya acara ini saya  mengaharapkan kepada peserta untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya apa yang didapat dalam acara ini  bisa dapat diterapkan di nagari/desa masing-masing nantinya, harapnya Jon Kennedi.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI Dr. Boediarso Teguh Widodo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini  salah satu tujuannya adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang kebijakan dana desa,  maka harus dihadiri  oleh seluruh kepala desa/wali nagari, camat dan jajaran dari Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Tujuan utama dalam pelaksanaan dana desa yaitu, melibatkan sebanyak mungkin tenaga kerja dalam perlaksanaan proyek dana desa dengan memprioritaskan pengangguran yang ada di desa/Nagari, penduduk yang miskin dengan penghasilan Rp300 ribu/bulan, penerima program keluarga harapan dan penduduk yang mempunyai balita kurang gizi.

“Dalam pengerjaan proyek dana desa kepada pekerja upah dibayar secara harian atau mingguan dengan tujuan dapat dimanfatkan pekerja untuk kebutuhan sehari-hari,”  ujar Boediarso.

Acara Desimilasi dana Desa ini juga dihadiri oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Kepala Dinas PMDPPKB Adrion dan Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra. ** Jum

 

860 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*