Kemenkes Bantu Dinkes Mentawai Empat Sepeda Motor

Tua Pejat, Editor.- Kementrian Kesehatan RI melalui Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Dit Yankes) baru- baru ini memberikan bantuan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Bantuan yang diberikan itu berupa empat unit sepeda motor.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Lahmudin Siregat yang diserahkan di halaman kantor Dinas Kesehatan jalan Raya Km 4 Tua Pejat.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmudin Siregar mengatakan, fasilitas kendaraan roda dua yang diberikan oleh Kemenkes tersebut nantinya akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi anggota yang belum punya fasilitas.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Mentawai hanya memfokuskan fasilitas kendaraan pada setiap Puskesmas yang ada di sepuluh Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Fasilitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan di daerah pelosok.

Lebih jauh dijelaskan Lahmudin, bantuan kendaraan ini gunanya untuk mengawasi tugas, terutama dalam memberikan layanan maksimal kepada masyarakat, sehingga kebutuhan masyarakat dapat terjawab dengan mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang diberikan tenaga kesehatan. Terkait dengan program 7 pesan Sikerei, saat ini Dinkes Mentawai sudah mulai mengkampanyekan program kesehatan melalui komunitas yang sudah dibentuk.

Sedangkan untuk mengimplementasikan 7 pesan Sikerei di sepuluh kecamatan , sudah mencapai 75 persen melalui sosialisasi kepada masyarakat. Tinggal tahapan- tahapan nya saja lagi seperti pembuatan jamban bagi warga dan itu perlu kerjasama lintas sektoral di Mentawai ini.

Sementara tugas dari Dinas sudah menunjuk perawat dan bidan desa sebagai perpanjangan tangan untuk penyuluh kesehatan. Ini me jadi tanggung jawab mereka sebagai ujung tombak dalam mengimplementasikan 7 pesan Sikerei.

Saat ini Dinas Kesehatan Mentawai menarget seluruh masyarakat Mentawai bisa melaksanakab 7 pesan Sikerei karena ini sesuai dengan visi dan misi Kementrian Kesehatan untuk menjadi keluarga sehat. ** Daniwarti

1203 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*