Kembangkan Agrowisata, Pemko Solok Gelar FGD

Solok, Editor.-  Pemerintah Kota Solok menggelar Focus Group Discussion (FGD)  untuk pengembangan Nagari Mandiri Pangan dalam rangka mendukung Agrowisata sesuai potensi unggulan kawasan di Kota Solok di Balairung 99  Rumah Dinas Walikota Solok, Rabu (20/9).

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan  Pertanian (Balitbangtan), diipimpin Sekretaris Balitbangtan Dr.Ir.M.Prama Yufdy, M, Sc dihadiri Kepala OPD Kota Solok, OPD terkait Sumatera barat, LKAAM, Bundokandung serta undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana  Ir.Ikhvan Marosa laporanya mengatakan, tujuan FGD ini adalah menindaklanjuti MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemerintah Kota Solok dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) pusat beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, FGD ini bertujuan mendesain rangka nagari mandiri pangan, serta memetakan potensi pengembangan agrowisata sesuai potensi unggulan kawasan.

Wakil Walikota Reinier mengungkapkan, Wilayah Solok sangat diuntungkan karena memiliki Balitbu, Balihor, dan BPTP. Seharusnya dengan adanya badan penelitian tersebut, kawasan mandiri pangan di wilayah Kota Solok akan cepat berkembang. Saat ini tinggal lagi bagaimana daerah memanfaatkan Badan Penelitian untuk mengembangkan potensi daerah.

Selanjutnya, ini merupakan sebuah tantangan bagi para OPD untuk mewujudkannya, karena di Kota Solok lahannya subur, namun masih banyak lahan tidur tinggal penggarapannya.

Hal ini kata Reinier tentu dibutuhkan ilmu penelitian, sebab  tanpa ilmu yang diberikan para ahli belum tentu akan berhasil dalam pengolahan lahan, sebab melihat fakta , menjadi petani itu bisa sukses, bahkan  jauh lebih sejahtera dari pegawai negeri.

Saat ini, Pemko Solok sudah  menyiapkan diri sepenuhnya untuk pengembangan agrowisata ini. Insya Allah 2 tahun kedepan sudah terlihat hasilnya, hasil dari FGD ini akan terwujudkan.

“Kita tak ingin para ahli kecewa karena hasil FGD ini tidak dilaksanakan dan tidak berjalan di Kota Solok nantinya,” tutup Reinier. ** Mempe

698 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*